Berita

Bibit Siklon Tropis di Samudera Hindia Sebabkan Hujan di Sebagian Wilayah Indonesia

Kamis, 30 November 2023 - 08:06
Bibit Siklon Tropis di Samudera Hindia Sebabkan Hujan di Sebagian Wilayah Indonesia BMKG mendeteksi bibit siklon tropis 95B di Samudra Hindia barat yang mempengaruhi pertumbuhan awan hujan di sejumlah kota besar di Indonesia, Kamis (30/11/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

TIMES JABAR, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi beberapa kawasan perkotaan di Indonesia berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada hari Kamis (30/11/2023).

Hal ini dipengaruhi oleh adanya bibit siklon tropis 95B di Samudera Hindia Barat, Aceh.

Menurut Prakirawan BMKG Nurul Fitria, bibit siklon tropis 95B terpantau di Samudera Hindia Barat, Aceh, dengan kecepatan maksimum 20 knots dan tekanan udara minimum 996,4 IhPh. Sistem ini diperkirakan akan menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Aceh dan Sumatera Utara.

Prediksi cuaca di Pulau Sumatera menyebutkan potensi hujan petir di Kota Banda Aceh dan Pekanbaru. Di Kota Medan, potensi hujan sedang, Tanjung Pinang berpotensi hujan ringan, dan Kota Padang umumnya berawan.

Waspada potensi hujan petir di Kota Jambi dan hujan lebat di Kota Pangkalpinang. Palembang dan Bandar Lampung umumnya mengalami hujan ringan, sementara Kota Bengkulu umumnya berawan.

Pulau Jawa diperkirakan akan mengalami potensi hujan dengan intensitas sedang di Kota Serang, Semarang, dan Surabaya. Jakarta umumnya akan berawan. Masyarakat di Kota Bandung diimbau untuk mewaspadai potensi hujan petir.

Prakiraan cuaca di Pulau Nusa Tenggara mencakup potensi hujan dengan intensitas ringan. Waspada hujan petir di Kota Mataram.

Pulau Kalimantan diingatkan untuk mewaspadai hujan petir di Kota Pontianak, Banjarmasin, dan Tanjung Selor. Palangkaraya umumnya akan mengalami hujan dengan intensitas sedang, sementara Samarinda berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Pulau Sulawesi, khususnya di Kota Mamuju, perlu waspada terhadap hujan lebat, sedangkan Kota Kendari berpotensi hujan petir. Hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Makassar, Palu, dan Gorontalo.

Bagian timur Indonesia memiliki prediksi cuaca terakhir, dengan peluang hujan di Kota Ambon dan Kota Ternate. Manokwari dan Jayapura berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan. Suhu di wilayah Indonesia diperkirakan berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celsius, dengan kelembaban antara 50 hingga 100 persen. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.