https://jabar.times.co.id/
Berita

Timnas Indonesia vs Timor Leste: Optimisme Garuda Muda

Jumat, 27 September 2024 - 08:36
Timnas Indonesia vs Timor Leste: Optimisme Garuda Muda Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-20 Figo Dennis Saprutananto (kedua kiri) bersama Dony Tri Pamungkas usai mencetak gol ke gawang Timnas Maladewa pada laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F di Jakarta, Rabu (25/9/2024). (ANTARA FOTO/Hafidz Mu

TIMES JABAR, JAKARTATimnas Indonesia U-20 membuka babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dengan kemenangan meyakinkan 4-0 atas Maladewa, dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Madya, Jakarta, Rabu lalu. Kemenangan ini menjadi awal yang baik bagi skuad asuhan Indra Sjafri untuk melanjutkan perjalanan mereka di ajang kualifikasi ini.

Hasil tersebut menjadi modal penting menjelang laga kedua melawan Timor Leste yang juga digelar di Stadion Madya, Jakarta, pada Jumat (27/9/2024) malam nanti. 

Berkat kemenangan atas Maladewa, Indonesia sementara ini memimpin klasemen grup F dengan koleksi tiga poin, unggul selisih gol dari Yaman yang sebelumnya menang 3-1 atas Timor Leste.

Meski meraih kemenangan telak, lini serang Indonesia yang dipimpin Jens Raven masih menyisakan beberapa pekerjaan rumah. Tim baru mampu mencetak gol pada menit ke-52, meskipun sepanjang laga Garuda Muda menguasai jalannya pertandingan dan melepaskan banyak tembakan.

Kendati demikian, Indra Sjafri menilai timnya tidak bermain buruk, namun kesulitan menembus pertahanan Maladewa yang bermain sangat rapat.

“Kami tidak bermain buruk di babak pertama, tetapi di sepertiga lapangan akhir sering menemui kebuntuan karena Maladewa bertahan sangat dalam,” ujar Indra Sjafri.

Ujian Ketajaman Menghadapi Timor Leste

Secara hitung-hitungan, Indonesia diprediksi lebih unggul saat melawan Timor Leste. Pada pertemuan terakhir di Piala AFF U-19 2024, Garuda Muda sukses membantai Timor Leste 6-2 di Surabaya. Meski demikian, Indra Sjafri tetap fokus memperbaiki lini serang agar bisa lebih efisien dalam memanfaatkan peluang.

Permainan cepat yang ditunjukkan Garuda Muda saat menghadapi Maladewa membutuhkan ketajaman ekstra di lini depan. Dalam laga tersebut, Indra Sjafri sempat mengganti formasi dari 3-4-3 menjadi 3-5-2, dengan memanfaatkan kecepatan Dony Tri Pamungkas dan Mufli Hidayat di sektor sayap. Sayangnya, lini depan masih kurang maksimal dalam mengonversi peluang.

Namun, lini tengah menjadi andalan dalam kemenangan melawan Maladewa. Aditya Warman dan Toni Firmansyah tampil gemilang dengan masing-masing mencetak gol. Gol-gol lainnya datang dari eksekusi bola mati yang dilakukan Figo Dennis dan Jens Raven.

“Bermain bagus saja tidak cukup, yang paling penting adalah menang. Kita bisa bermain bagus, tapi kalau tidak menang, itu sia-sia,” tegas Indra Sjafri.

Antisipasi Serangan Balik Timor Leste

Meskipun menang telak atas Maladewa, Indonesia tetap perlu waspada terhadap serangan balik cepat Timor Leste. Tim lawan diprediksi akan mengandalkan trio penyerang cepat, yaitu Alexandro Bahkito Lemos, Luis Figo Ribeiro, dan Vabio Canavaro Pires, yang mampu mengeksploitasi ruang di lini pertahanan lawan.

Ketiganya sering bertukar posisi dan bermain dinamis, seperti yang ditunjukkan dalam laga melawan Yaman, meski akhirnya kalah 1-3. Pelatih Timor Leste, Gopal Krishnan, berharap timnya bisa bermain lebih baik melawan Indonesia, meski mengakui Garuda Muda memiliki materi pemain yang jauh lebih kuat.

“Tidak adil membandingkan Indonesia dengan Timor Leste. Indonesia punya ratusan juta penduduk, sedangkan kami hanya satu juta. Tentu banyak sekali talenta di sini,” ujar Krishnan.

Prediksi Line-Up

Indra Sjafri kemungkinan besar akan tetap menggunakan formasi 3-4-3 yang fleksibel, dengan perubahan di lini depan. Iqbal Gwijangge, Kadek Arel, dan Alfahrezi Buffon akan menjadi benteng pertahanan, sementara kapten Dony Tri Pamungkas diandalkan di sisi sayap. Jens Raven diprediksi tetap menjadi pilihan utama sebagai striker.

Di pihak Timor Leste, Gopal Krishnan diperkirakan akan memasang trio penyerang Lemos, Ribeiro, dan Pires, dengan sokongan dari gelandang Luis Berdila. Mereka diperkirakan akan menerapkan formasi 4-3-3 dengan empat bek untuk menghadapi dominasi Indonesia.

Prediksi Susunan Pemain:

Indonesia U-20 (3-4-3): Ikram Al Giffari (PG); Iqbal Gwijangge, Kadek Arel, Alfahrezi Buffon; Mufli Hidayat, Aditya Warman, Toni Firmansyah, Dony Tri Pamungkas; Riski Afrisal, Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven.

Timor Leste U-20 (4-3-3): Pablo Macario (PG); Joaozinho Cristiano, Norbert Jonerson, Aureo Viera, Emidio Martins; Tiago William, Luis Berdila, Palomito Antonio; Alexandro Bahkito Lemos, Luis Figo Ribeiro, Vabio Canavaro Pires. (*)

 

 

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.