https://jabar.times.co.id/
Berita

Kemenkumham Jabar Siap Raih Predikat WBBM, Ikuti Penguatan Zona Integritas

Rabu, 09 Oktober 2024 - 16:08
Kemenkumham Jabar Siap Raih Predikat WBBM, Ikuti Penguatan Zona Integritas Kanwil Kemenkumham Jabar semakin dekat dengan predikat WBBM dengan melakukan partisipasi aktif dalam kegiatan penguatan satuan kerja dalam rangka pembangunan Zona Integritas. (Foto: Humas Kemenkumham Jabar for TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, BANDUNG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kemenkumham Jabar) semakin dekat dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 

Hal ini dibuktikan dengan partisipasi aktif dalam kegiatan penguatan satuan kerja dalam rangka pembangunan Zona Integritas yang berlangsung di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, abu (9/10/2024). 

Kegiatan yang diikuti oleh 16 satuan kerja di lingkungan Kemenkumham yang berpotensi meraih predikat WBBM ini bertujuan untuk mempersiapkan diri menghadapi evaluasi dan verifikasi lapangan. Dalam acara ini, para peserta mendapatkan arahan langsung dari pejabat tinggi Kementerian Hukum dan HAM serta para ahli.

Sandi Andaryadi, Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan peluang meraih predikat WBBM. 

“Kegiatan ini sangat penting untuk memastikan kesiapan kita dalam menghadapi evaluasi,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Asep Kurnia, memberikan tips dan trik untuk menghadapi evaluasi. Ia menekankan pentingnya kesiapan dalam pemaparan materi, menjaga kesederhanaan, dan kewajaran dalam menghadapi tim penilai.

Konsultan dari PT Rekonesia melakukan evaluasi mendalam terhadap setiap satuan kerja yang diusulkan meraih predikat WBBM, termasuk Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar. Evaluasi ini mencakup berbagai aspek, mulai dari keselarasan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Perjanjian Kinerja (PK), pemenuhan indikator kinerja "Smart", hingga penanganan benturan kepentingan.

Apa itu WBBM?

Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada satuan kerja pemerintah yang telah memenuhi standar pelayanan publik yang prima, bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta memiliki kinerja yang baik.

Pembangunan Zona Integritas bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan transparan. Dengan meraih predikat WBBM, diharapkan pelayanan publik di Kemenkumham Jabar dapat semakin berkualitas dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Keikutsertaan Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen yang tinggi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan dukungan dari seluruh jajaran, diharapkan Kemenkumham Jabar dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi di masa mendatang. (*)

Pewarta : Deni Supriatna
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.