https://jabar.times.co.id/
Berita

Kampus Baru NHI Bandung Terapkan Konsep Eco-Green dan Bertaraf Internasional

Jumat, 21 Oktober 2022 - 16:24
Kampus Baru NHI Bandung Terapkan Konsep Eco-Green dan Bertaraf Internasional Proses pembangunan kampus baru NHI di kawasan Dayeuhkolot Bandung. (Foto: NHI Bandung)

TIMES JABAR, BANDUNGPoliteknik Pariwisata NHI Bandung atau yang dikenal dengan nama NHI Bandung membangun kawasan kampus baru di daerah Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.  Kampus ini dirancang dengan konsep hijau (eco-green) dan bertaraf internasional.

“Fasilitasnya pasti lebih luas dan lebih modern bila dibandingkan dengan kampus NHI Bandung saat ini dengan pendekatan eco green campus,” papar Kepala Bagian Administrasi Umum NIH Bandung, Budi Setiawan saat berkunjung ke TIMES Indonesia Jawa Barat di Bandung, Jumat (21/10/2022).

Kampus NHI yang baru ini, lanjut Budi, tidak lagi bertaraf nasional. Akan tetapi, sudah naik kelas menjadi berskala internasional.

NHI-di-kawasan-Dayeuhkolot-b.jpgKepala Bagian Administrasi Umum NIH Bandung, Budi Setiawan dan tim. (Foto: NHI Bandung)

“Semua kampus cepat atau lambat harus bertaraf internasional. Bukan hanya keinginan, tapi sudah menjadi kebutuhan industri, terlebih sektor pariwisata,” papar Budi. 

Dengan skala internasional, otomatis mahasiswa pun dituntut untuk memiliki kemampuan yang diakui secara global.

“Mahasiswa harus memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, karena ini sekolah terapan, lebih banyak mahasiswa melakukan praktek dibandingkan akademik. Kalau bicara akademik yang diperlukan ruang kelas. Tapi kalau terapan, yang diperlukan tempat praktek. Secara biaya, nilainya tentu akan lebih besar dibandingkan perkuliahan akademik pada umumnya.

Menurut Budi, kampus baru NHI juga kelak akan membangun citra pariwisata Indonesia. Dengan mengasah dan mengembangkan kemampuan mahasiswa yang bertaraf internasional.

“Kampus pariwisata memiliki multiplier effect yang tinggi. Maka dibangun kampus baru NHI yang bisa dibanggakan,' ucapnya.

Selain itu, kata Budi, kampus baru HNI ini cepat atau lambat akan membangun perekonomian masyarakat di sekitar kampus. “Kampus menjadi salah satu pusat ekonomi terjadi multiplier effect, nanti akan ada tempat kost, fotokopian dan sebagainya,” tambahnya.

Jadi, menurut Budi, keberadaan kampus baru sekaligus juga memberikan manfaat pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar. “Kalau bicara manfaat, ada pemberdayaan masyarakat. Contoh pada kampus NHI yang di Jalan Setiabudi Bandung, penduduk sekitar membuka usaha untuk kebutuhan mahasiswa,” jelasnya. 

NHI-di-kawasan-Dayeuhkolot-c.jpgKawasan kampus NHI di Bandung. (Foto: NHI Bandung)

Kampus NHI Bandung adalah Perguruan Tinggi yang bernaung dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional. 

Sebagai sebuah lembaga tinggi milik Pemerintah, NHI Bandung bertujuan untuk menyiapkan tenaga-tenaga profesional di bidang pariwisata sebagai aset nasional yang berkualitas internasional, kreatif, berjiwa wirausaha berkepribadian Indonesia dan berbudi luhur. NHI Bandung juga bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar di negeri dalam mengembangkan program-program pendidikannya pada tingkat D-III, D-IV, dan Magister Manajemen Terapan.

Program pendidikan yang diselenggarakan di kampus ini adalah program yang menekankan pada pencapaian keterampilan dari sebuah ilmu. Pencapaian keterampilan tersebut diperkaya dengan Praktik Laboratorium, Studi Lapangan dan Praktek Kerja Nyata. 

Pembangunan kampus baru NHI di kawasan Dayeuhkolot Bandung tersebut berskala internasional sesuai dengan visinya yaitu “Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Kepariwisataan terkemuka di Dunia yang tetap berkepribadian Indonesia”.

Sebagai informasi, Poltekpar NHI Bandung ini merupakan perguruan tinggi vokasi pariwisata yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Politeknik Pariwisata NHI Bandung ini sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung. Perubahan nama atau status tersebut resmi dilakukan 11 Maret 2022 lalu. Dengan perubahan alih status ini, semakin meningkatkan fokus Poltekpar NHI Bandung dalam pengembangan pendidikan vokasi. 

Selain itu, perubahan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan merespons perkembangan dunia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang semakin dinamis sehingga Visi Politeknik Pariwisata NHI Bandung untuk menjadi institusi pendidikan tinggi kepariwisataan berdaya. saing global yang mengedepankan personalitas, keterampilan, dan kreativitas dalam mewujudkan SDM Maju, Unggul dan Berjiwa Wirausaha bisa tercapai.(*)

Pewarta : Hilman Hilmansyah (MG-312)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.