https://jabar.times.co.id/
Berita

Luncurkan Aplikasi Srikandi, Pemkab Majalengka Pelopori Pengelolaan Arsip Digital di Jabar

Jumat, 18 Oktober 2024 - 12:06
Luncurkan Aplikasi Srikandi, Pemkab Majalengka Pelopori Pengelolaan Arsip Digital di Jabar Pemkab Majalengka luncurkan aplikasi Srikandi. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten Majalengka (Pemkab Majalengka) menjadi salah satu pelopor di Jawa Barat dalam pengelolaan arsip digital dengan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau disebut Srikandi.

Aplikasi ini dirancang untuk mendukung tata kelola pemerintahan berbasis elektronik dan pengelolaan arsip yang lebih efisien.

Menurut Deputi Kearsipan Badan Arsip Nasional Republik Indonesia (BANRI), Andi Kusman, bahwa aplikasi Srikandi hadir sebagai inovasi bagi pengelolaan arsip berbasis digital dan analog.

"Setiap informasi, baik yang berbentuk analog maupun digital akan terekam dengan baik, sehingga menjadi bukti akuntabilitas serta memori kolektif bangsa," kata Andi Kusman, Jumat (18/10/2024).

Andi juga menambahkan, aplikasi Srikandi akan berdampak signifikan pada peningkatan indeks tata kelola daerah, indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), serta hasil pengawasan kearsipan di daerah.

Ia menyebut, bahwa Kabupaten Majalengka merupakan salah satu pelopor di Jawa Barat dalam penerapan sistem digitalisasi melalui aplikasi Srikandi.

"Semoga langkah Majalengka ini bisa menjadi contoh bagi kabupaten lainnya untuk mengadopsi sistem serupa," harapnya.

Penjabat Bupati Majalengka, Dedi Supandi, mengungkapkan bahwa aplikasi Srikandi akan meningkatkan kualitas dan akuntabilitas kearsipan digital di lingkungan Pemkab Kabupaten Majalengka.

"Dengan sistem digital ini, proses administrasi pemerintahan, khususnya di bidang kearsipan akan lebih cepat, efektif dan efisien," jelas Dedi.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Majalengka, Gun Gun Mochamad Dharmadi, menyebutkan bahwa aplikasi Srikandi akan diterapkan di 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta 26 kecamatan di Majalengka.

"Aplikasi ini akan mempermudah pengelolaan arsip dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Gun Gun.

Ia pun menegaskan, bahwa dengan adanya penerapan sistem aplikasi Srikandi, Pemkab Majalengka memperkuat komitmennya dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, sehingga mempermudah pelayanan kepada masyarakat. (*)

Pewarta : Hendri Firmansyah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.