https://jabar.times.co.id/
Berita

6 Makanan Khas Bali, Wajib Dicoba!

Minggu, 23 April 2023 - 12:17
6 Makanan Khas Bali, Wajib Dicoba! Ayam betutu, salah satu kuliner Bali yang wajib dicoba. Foto: Dok. Eva Sri Astuti

TIMES JABAR, JAKARTAMakanan khas Bali memiliki cita rasa yang khas dan beragam, mulai dari yang pedas hingga yang manis. Berikut adalah beberapa makanan khas Bali yang wajib dicoba ketika berkunjung ke pulau Dewata.

1. Sate Lilit

Sate lilit adalah sate yang terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan bumbu rempah khas Bali seperti serai, daun jeruk, dan kemiri. Sate ini dibentuk menyerupai lembaran buluh dan kemudian dipanggang di atas arang. Sate lilit biasanya disajikan dengan nasi putih, sayur urap, dan sambal matah.

2. Rujak Bulung

Kuliner khas Bali ini cukup unik. Jika biasanya rujak terdiri dari bermacam-macam buah-buahan atau sayuran, lain halnya dengan rujak bulung. Rujak ini justru menggunakan bahan yang tak biasa. Rujak Bulung menggunakan rumput laut yang disiram dengan kuah pindang dan ditambah kelapa parut serta kedelai goreng.

3. Lawar

Lawar adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging cincang dan sayuran yang dicampur dengan bumbu rempah seperti bawang merah, cabai, dan serai. Lawar tersedia dalam berbagai jenis, seperti lawar ayam, lawar babi, dan lawar vegetarian. Makanan ini disajikan dengan nasi putih dan sambal.

4. Bebek dan Ayam Betutu

Bebek betutu adalah makanan khas Bali yang terbuat dari bebek yang dimasak dengan bumbu rempah khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang. Bebek betutu disajikan dengan nasi dan sayur. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas dan khas. Selain dari bebek, olahan makanan ini juga bisa menggunakan ayam sebagai bahan bakunya.

5. Nasi Campur Bali

Nasi campur Bali adalah makanan yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk seperti sate lilit, ayam betutu, lawar, dan babi guling. Makanan ini biasanya disajikan dengan sambal dan kerupuk.

6. Jaje Bali

Jaje Bali adalah makanan khas Bali yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk menjadi aneka bentuk seperti bulan, bunga, atau kerangka. Jaje Bali biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis dan lembut. Itulah beberapa makanan khas Bali yang wajib dicoba ketika berkunjung ke pulau Dewata.

Itulah 6 makanan khas Bali yang bisa dicoba. Namun bagi Anda yang muslim, pastikan memilih makanan yang halal ya TIMES Lovers! (*)

Pewarta : Deasy Mayasari
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.