https://jabar.times.co.id/
Berita

PT Gistex Garmen Indonesia Salurkan CSR Operasi Katarak Gratis bagi Warga Majalengka

Kamis, 27 Juni 2024 - 13:58
PT Gistex Garmen Indonesia Salurkan CSR Operasi Katarak Gratis bagi Warga Majalengka Direktur PT Gistex Garmen Indonesia, Johnny Schepper memberikan motivasi kepada pasien operasi katarak di Kabupaten Majalengka. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKAPT Gistex Garmen Indonesia (PT GGI) menyalurkan program CSR operasi katarak gratis terhadap 60 warga kurang mampu di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Bantuan CSR Operasi Katarak ini diselenggarakan PT Gistex Garmen Indonesia bekerjasama dengan Bandung Eye Center Hospital dan Perdami Bandung.

Bantuan CSR operasi katarak gratis yang baru pertama kali dilaksanakan oleh PT GGI ini, berlangsung di Puskesmas Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, pada Kamis (27/6/2024).

Owner PT Gistex Garmen Indonesia, Henry Wargana melalui Direktur Johnny Schepper berharap agar bantuan CSR operasi katarak gratis ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Majalengka yang membutuhkan.

"Ada 60 orang yang menjalani operasi katarak gratis. Mereka sebagian besar berasal dari wilayah Kecamatan Dawuan dan Kasokandel serta beberapa kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Majalengka," kata Johnny Schepper kepada TIMES Indonesia.

Johnny menambahkan, dukungan dari PT Gistex Garmen Indonesia ini diharapkan dapat memberi dampak yang besar terhadap upaya penurunan kebutaan dan menjadi manfaat bagi masyarakat yang mendapatkan pengobatan.

"Kita harapkan bersama dengan dukungan ini, setidaknya dapat memberikan dampak yang positif terhadap upaya penurunan kebutaan di Kabupaten Majalengka," ungkapnya.

Pasalnya, kata dia, melalui kegiatan operasi katarak gratis yang juga sekaligus bertepatan Hari Jadi Majalengka ke-534 ini, para penderita katarak di Kota Angin ini bisa kembali melihat lingkungan di sekitarnya dan kembali hidup bahagia bersama keluarga tercinta.

"Kami dari PT Gistex Garmen Indonesia melalui dana tanggungjawab sosial perusahaan terus berupaya berkontribusi terhadap pembangunan Kabupaten Majalengka dari berbagai sektor. Tak hanya di bidang kesehatan, namun bidang pendidikan, sosial dan lainnya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, H Agus Susanto menyampaikan terima kasih kepada PT Gistex Garmen Indonesia atas berkolaborasi dengan Pemkab Majalengka, dalam hal ini Dinas Kesehatan Majalengka pada pelaksanaan operasi katarak gratis di Bumi Sindangkasih ini.

"Tak ternilai apalagi pada pasien yang kita bantu. Kita mungkin sudah lupa, tapi pasien pasti dia ingat itu. Program CSR sangat baik sekali, terima kasih PT Gistex Garmen Indonesia," ucap Agus Susanto.

Selain itu, Agus juga menegaskan, bahwa kegiatan operasi katarak secara gratis yang diselenggarakan oleh PT Gistex Garmen Indonesia ini adalah untuk mewujudkan mata sehat, hidup produktif dan berkualitas bagi masyarakat kurang mampu.

Lebih jauh ia menambahkan, bahwa penderita katarak sampai saat ini yang terdata di Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, mencapai 2.478 kasus. Sedangkan, yang sudah ditangani baru mencapai sekitar kurang lebih 18 persen.

"Oleh karena itu, kasus katarak di Kabupaten Majalengka ini lumayan masih cukup banyak dan Insyaallah nanti kita juga punya program di Hari Kesehatan Nasional (HKN) akan melaksanakan bakti sosial," ucapnya.

Sehingga, ia berharap semua perusahaan yang ada di Kabupaten Majalengka juga ikut berkontribusi dengan bakti sosial ini. Tak hanya katarak saja, melainkan juga termasuk intervensi kesehatan lainnya yang harus dilakukan oleh semua komponen.

Masalah kesehatan ini tidak akan pernah selesai, jika hanya diselesaikan oleh di bidang kesehatan saja. Namun kendati demikian, menurut dia, bahwa masalah kesehatan bisa diselesaikan jika semua komponen ikut berpartisipasi dalam menyehatkan bangsa ini. 

"Apalagi, ke depan kita punya tujuan untuk generasi emas 2045. Jadi harus kita cetak mulai dari sekarang. Jadi tak hanya katarak, melainkan program program kesehatan lainnya. Semua itu bisa di intervensi oleh semua perusahaan," jelasnya.

Sementara salah seorang pasien penderita katarak, Isah (67) mengaku menderita katarak  membuatnya tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan, katarak membuatnya harus berhenti kerja dan mengurangi aktivitas sebagai petani.

Kehadiran PT Gistex Garmen Indonesia membawa harapan baru bagi Isah. Sedikit demi sedikit, Isah mulai bisa kembali melihat cahaya. Harapannya untuk dapat melihat kembali wajah keluarganya perlahan terwujud setelah mengikuti bakti sosial operasi katarak.

"Terima kasih PT Gistex Garmen Indonesia telah melaksanakan program CSR bakti sosial operasi Katarak di Kabupaten Majalengka. Sangat terbantu dengan kehadiran PT Gistex Garmen Indonesia," jelasnya. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.