https://jabar.times.co.id/
Berita

Penting Dicatat, Ini Rute Pawai dan Puncak Acara Hari Santri Nasional 2024 di Cianjur

Senin, 21 Oktober 2024 - 06:45
Penting Dicatat, Ini Rute Pawai dan Puncak Acara Hari Santri Nasional 2024 di Cianjur Rute pawai Hari Santri Nasional 2024 di Cianjur (FOTO: RMINU Cianjur for TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, CIANJUR – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 di Kabupaten Cianjur akan dimeriahkan dengan kegiatan pawai yang melibatkan ribuan santri dari berbagai lembaga dan pondok pesantren pada Selasa (22/10/2024) esok.

Selain itu ada majelis taklim, sekolah, kampus, Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), TPA, TPQ dan organisasi keagamaan lainnya di seluruh Kabupaten Cianjur akan turut berpartisipasi dalam acara yang rencananya akan dimulai pada pukul 06.30 WIB ini.

Koordinator Penyelenggara Pawai Hari Santri Nasional 2024 di Cianjur, KH. Endang Badru Zaman yang juga Ketua RMI NU Cianjur menyampaikan, bahwa parade ini merupakan puncak kegiatan dalam rangka memperingati HSN 2024 di tatar santri. 

"Ribuan santri yang berpartisipasi akan mengenakan pakaian rapi dan membawa berbagai perlengkapan seni seperti hadrah, qasidah, dan marching band. Lalu pengeras suara serta spanduk yang mewakili almamater mereka masing-masing," katanya kepada TIMES Indonesia, Senin (21/10/2024).

Pihaknya menyebut rute parade Hari Santri Nasional 2024 di Cianjur akan dimulai dari Lapang Prawatasari (Joglo), lalu melalui Jalan Pangeran Hidayatullah, Jalan Siliwangi, Cimaya, Suge, dan berakhir di Gerbang Alun-Alun Cianjur sebelah utara.

"Penilaian juga akan dilakukan terhadap peserta pawai. Kriterianya meliputi kerapian, kreativitas dalam membawa peralatan seni, serta semangat dalam memperingati Hari Santri Nasional," ujar menuturkan dengan jelas dan lugas.

Dalam hal ini dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersiap menghadapi kemungkinan kemacetan akibat adanya kegiatan ini, terutama bagi pengguna jalan di sepanjang rute pawai. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung acara ini. Kami juga mohon maaf kepada masyarakat, khususnya pengguna jalan, atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan akibat kegiatan ini," imbuhnya.

Ditambahkannya, acara puncak HSN 2024 akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Ittihad Karangtengah dengan menghadirkan sejumlah pembicara ternama. Di antaranya KH Abeey Ghifran dari LD PBNU yang juga dikenal sebagai penceramah di program Siraman Qalbu MNC TV dan Cahaya Hati Indonesia di i-News. 

"Selain itu, acara ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan qori internasional KH Tateng Jaelani serta penampilan spesial dari An Nazwa Gambus yang siap menghibur para peserta dan tamu undangan," tuturnya.

Dengan adanya parade ini, pihaknya sangat berharap para santri dan masyarakat Cianjur dapat semakin memaknai peringatan Hari Santri Nasional sebagai momentum untuk memperkuat persatuan, dan memperkaya khazanah kebudayaan Islam.

"Serta tentunya meneguhkan peran santri dalam menjaga tradisi dan semangat keislaman yang damai dan inklusif di Kabupaten Cianjur dan tanah air," tandasnya. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.