Ekonomi

OJK Apresiasi Penggiat Inklusi Keuangan

Minggu, 06 November 2022 - 14:16
OJK Apresiasi Penggiat Inklusi Keuangan Pegiat inklusi keuangan, Atalia Praratya selaku Tokoh Literasi dan Pemberdayaan Perempuan, saat puncak Bulan Inklusi Keuangan di Gedung Sate Bandung, Minggu (6/11/2022). (Foto: OJK for TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, BANDUNG – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jawa Barat menutup rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2022 di Gedung Sate Bandung, Minggu (6/11/2022).

Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Indarto Budiwitono menyampaikan rangkaian kegiatan BIK yang telah dilaksanakan dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan masyarakat Jawa Barat yang tidak hanya well inclusive namun juga well literate.

“Yaitu masyarakat yang dapat memanfaatkan produk dan layanan keuangan sesuai kebutuhannya disertai dengan pemahaman yang cukup baik atas produk dan layanan keuangan yang dimiliki,” jelas Indarto dalam sambutannya.

Indarto juga mengatakan, masyarakat cukup antusias mengikuti program-program yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan selama BIK. Hal tersebut tercermin dengan capaian transaksi produk dan layanan jasa keuangan yang tinggi selama bulan Oktober 2022 di Jawa Barat.

Atalia-Praratya-2.jpg

Antara lain di sektor perbankan, ada pembukaan rekening sebanyak total 64 ribu rekening baru, dengan nominal simpanan sebesar Rp7,5 miliar dan penyaluran kredit atau pembiayaan Rp2,88 triliun.

Sementara di sektor pasar modal, ada penambahan jumlah investor (SID) baru sebanyak 60,6 ribu rekening dan nilai transaksi dari seluruh SID Jawa Barat sebesar Rp38,1 triliun.

“Jumlah SID tersebut semakin mengukuhkan jumlah investor dari Jawa Barat merupakan yang terbanyak secara nasional,” kata Indarto.

Sementara di industri keuangan non bank, tercatat penyaluran 86 ribu fasilitas pembiayaan dengan plafon sebesar Rp1,22 triliun.

Pada kesempatan yang sama, OJK KR2 Jawa Barat juga memberikan apresiasi kepada para penggerak inklusi keuangan sebagai bentuk dukungan kepada tokoh masyarakat dan lembaga pendidikan yang turut serta berperan dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Jawa Barat.

Mereka antara lain, Atalia Praratya selaku Tokoh Literasi dan Pemberdayaan Perempuan; Asep M Saepul Islam (Mang Amsi), Tokoh Penggerak Inklusi Keuangan Pasar Modal Syariah; Kustini – Ketua HWDI Tokoh Penggerak Inklusi Keuangan Komunitas Difabel; Dede Koswara – Petani Muda (Ketua Kelompok Regge Generation).

Sementara untuk lembaga pendidikan tingkat SMA Sederajat yaitu SMK Pertiwi Kuningan, dan lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi yakni Telkom University.

Atalia-Praratya-3.jpg

Pada acara puncak Bulan Inklusi Keuangan, hadir Bunda Literasi Jawa Barat Atalia Praratya, jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Jawa Barat yang tergabung dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Jawa Barat, direksi/pimpinan wilayah/cabang lembaga jasa keuangan selaku anggota Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Jawa Barat, serta masyarakat umum.

Beragam kegiatan diselenggarakan pada puncak BIK Jawa Barat 2022. Antara lain senam zumba, lomba mewarnai untuk anak, KPOP dance competition, takshow keuangan interaktif dan ditutup dengan music performance musisi tanah air.

Setidaknya ada 47 stand booth yang turut meramaikan kegiatan dengan menampilkan produk lembaga jasa keuangan dan produk UMKM berupa barang kerajinan maupun kuliner.

Antusiasme masyarakat Jawa Barat  sangat terlihat saat mengikuti rangkaian kegiatan puncak BIK di Gedung Sate. Selain pengunjung dapat membeli kuliner hanya dengan membayar 1 (satu) rupiah melalui Scan QRIS untuk produk tertentu, penggunjung juga berkesempatan mendapatkan berbagai doorprize.

Seperti diketahui, Bulan Inklusi Keuangan merupakan agenda tahunan nasional yang sejak tahun 2016 dilaksanakan setiap Bulan Oktober. Tahun ini BIK mengangkat tema “Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat”.

BIK merupakan salah satu upaya untuk mengakselerasi pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024. Pada survei terbaru yang dilaksanakan OJK, indeks literasi keuangan tahun 2022 meningkat menjadi 49,68% dari sebelumnya 38,03%, sedangkan indeks inklusi keuangan juga meningkat menjadi 85,10% dari sebelumnya 76,19%. (*)

Pewarta : Iwa Ahmad Sugriwa
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.