TIMES JABAR, JAKARTA – Sebagai pemenang Miss Hijab Indonesia 2024 asal Jakarta, Wynona Salsabila Hafiz (22) memiliki visi yang kuat dalam mendukung produk-produk lokal Indonesia.
Menurut anak pertama dari dua bersaudara ini menyatakan, bahwa mencintai produk dalam negeri bukan hanya sebuah pilihan, tetapi merupakan kewajiban setiap individu yang berperan sebagai bagian dari masyarakat Indonesia.
Untuk itu melalui kampanye yang digaungkan dengan nama "Aku Pakai Lokal", pemilik akun media sosial Instagram @wynonash, dan YouTube Wynona Salsabila mengajak segenap masyarakat luas untuk tidak hanya menyukai, tetapi juga membeli dan menggunakan produk-produk lokal.
Perempuan cantik yang hobi bernyanyi dan mengeksplor hal baru ini percaya bahwa dengan mendukung produk lokal, tidak hanya membantu ekonomi Indonesia, tetapi juga berperan dalam membangun masyarakat yang lebih kuat, dengan memberikan dorongan kepada para pelaku UMKM untuk terus berkembang.
"Tentunya kita harus merasa bangga menggunakan produk lokal, seperti pakaian dari merek lokal serta kosmetik dan perawatan kulit buatan Indonesia, yang sangat mudah diakses dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari," kata Wynona sapaan akrabnya kepada TIMES Indonesia melalui pesan tertulis, Rabu (20/11/2024).
Menurutnya melalui penggunaan produk lokal, artinya sudah turut serta dalam menjaga keberlangsungan UMKM yang menyerap lebih dari belasan juta tenaga kerja di Indonesia.
Angka ini menunjukkan betapa pentingnya bagi semua orang untuk memberikan perhatian dan dukungan terhadap keberadaan UMKM sebagai pilar utama perekonomian negara.
Dalam perannya sebagai CEO Aku Pakai Lokal, Wynona tidak hanya berbicara, tetapi juga memberikan pelatihan bagi para pengusaha kecil agar dapat meningkatkan keterampilan dan kapasitas mereka dalam mengelola usaha.
Melalui platform ini, ia berharap dapat berkontribusi nyata terhadap perbaikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia. Baginya, dukungan terhadap produk lokal dapat dimulai dari langkah sederhana, seperti menggunakan produk pakaian, kosmetik, atau makanan dan minuman buatan Indonesia.
"Hal ini merupakan cara yang sangat efektif untuk memulai perubahan besar, karena setiap pembelian produk lokal berperan langsung dalam meningkatkan ekonomi dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan," imbuhnya.
Selain itu, kampanye yang digagasnya memiliki tujuan untuk memberikan pelatihan dan pemberdayaan kepada UMKM agar dapat bersaing di pasar global.
Dengan menjadi pemenang Miss Hijab Indonesia 2024, Wynona berharap platform yang ia miliki dapat meningkatkan eksposur terhadap kampanye ini, sehingga semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya mendukung produk-produk dalam negeri.
Sebagai lulusan S1 Teknik Industri UI dan mendapatkan beasiswa parsial Fast Track S2 Teknik Industri UI ini mengajak generasi muda untuk lebih peduli terhadap produk lokal.
Ia menekankan bahwa mencintai produk lokal adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu negara. Dengan membeli produk lokal, tidak hanya membantu perekonomian, tetapi juga turut serta dalam menjaga dan membangun identitas bangsa.
"Dengan semangat yang tulus, saya berharap gerakan ini dapat semakin meluas, menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat, dan mendorong setiap individu untuk lebih bangga menggunakan produk-produk buatan Indonesia," ujarnya.
"Dukunglah UMKM Indonesia dan jadikanlah penggunaan produk lokal sebagai gaya hidup, karena dengan itu kita tidak hanya memperkuat ekonomi, tetapi juga memperkokoh rasa cinta tanah air," tandas Miss Hijab Indonesia 2024, Wynona Salsabila Hafiz. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: Winner Miss Hijab Indonesia 2024, Wynona Salsabila Ajak Cintai Produk Dalam Negeri
Pewarta | : Wandi Ruswannur |
Editor | : Ronny Wicaksono |