Gaya Hidup

8 Minuman Herbal Pelancar Haid, Mudah Bikinnya Segar Rasanya

Kamis, 23 November 2023 - 05:02
8 Minuman Herbal Pelancar Haid, Mudah Bikinnya Segar Rasanya Minuman herbal pelancar haid, salah satunya kunyit asam

TIMES JABAR, JAKARTAHaid tidak lancar sangat menyiksa kaum hawa. Meski ada obat yang dijual bebas, namun banyak perempuan yang memilih cara tradisional untuk melancarkan haid. Salah satunya  dengan minuman herbal

Resep jamu pelancar haid sudah dikenal di Indonesia sejak ratusan tahun lalu. Resep jamu secara turun temurun masih dipakai hingga saat ini. Minuman herbal khas Indonesia yang disebut jamu untuk pelancar haid berbahan kunyit. 

Setelah diteliti, kunyit memang mengandung senyawa yang mirip dengan hormon estrogen dan mengandung curcuma longa. Dua kandungan itu dapat membantu melancarkan haid, 

Nah berikut ini minuman herbal pelancar haid yang dapat Anda coba

1. Jamu kunyit asam 

Minuman herbal yang pertama ada kunyit asam. Jangan khawatir jamu ini nggak pahit kog, rasanya asam segar. 

Jamu ini merupakan resep nenek moyang yang sudah teruji klinis mampu melancarkan haid.

Cara membuatnya juga sangat mudah, kunyit yang sudah dikupas dan cuci bersih kemudian diparut atau diblender sampai halus. Rebus dengan ditambahkan air dan asam jawa. Setelah mendidih masukkan gula jawa (opsional). Aduk hingga mendidih. Jamu ini dapat diminum 2 kali sehari baik sebelum hingga setelah haid. 

2. Teh jahe

Teh jahe juga direkomendasikan untuk dikonsumsi saat haid. Minuman hangat ini tak hanya dapat melancarkan haid, tapi juga mengurangi kram perut karena PMS (premenstruasi).

Cara membuat juga sederhana, jahe yang sudah digeprek dapat langsung diseduh dengan air panas. Anda juga dapat menambahkan irisan buah lemon untuk mendapatkan rasa segar. Jika sudah hangat kuku dapat ditambahkan madu. 

3. Teh kayumanis

Minuman herbal selanjutnya teh kayumanis. Teh ini membantu mengendalikan kadar hormon insulin dalam tubuh. Sebab insulin akan mempengaruhi hormon reproduksi, sehingga memicu haid tidak lancar. 

Anda dapat merebus kayu manis selama 3 menit. Kemudian diminum saat kondisi hangat. Tambahkan gula jawa supaya semakin nikmat.

4. Teh chamomile

Teh-chamomile.jpg

Teh chamomile tak hanya direkomendasikan bagi penderita insomnia. Teh ini juga baik dikonsumsi bagi Anda dengan haid tidak lancar.

Antioksidan dan antiradang pada chamomile dapat meredakan nyeri haid sekaligus melancarkan peredaran darah. 

Kini sudah banyak dijual teh chamomile kemasan saset. Anda tinggal menyeduhnya dengan air panas. Nikmati selagi hangat ya. 

5. Jus nanas

Buah nanas mengandung enzim bromelain. Enzim itu dipercaya dapat melancarkan peluruhan dinding rahim, sehingga darah dapat lancar keluar. 

Selain itu nanas juga bersifat antiradang dan antinyeri, jadi dapat mengurangi sakit dan kram perut selama periode menstruasi. 

6. Jus pepaya

Selain nanas, buah pepaya juga ampuh untuk melancarkan haid. Pepaya meningkatkan kerja hormon estrogen yang mengatur siklus menstruasi. 

Selain dibikin jus, anda juga bisa mengonsumsinya langsung. 

7. Peterseli

Peterseli.jpg

Daun peterseli biasanya buat masak ya. Tapi bisa juga dibikin minuman herbal sebagai pelancar haid. 

Peterseli mengandung myristicin yang dapat membantu menyeimbangkan hormon dengan meningkatkan produksi hormon estrogen sehingga mampu melancarkan siklus haid yang tidak teratur.

Cara membuatnya rebus daun peterseli. Tambahkan madu setelah hangat. 

8. Cuka sari apel 

Minuman hebal ini telah lama dikenal untuk membantu mengobati berbagai gangguan kesehatan, salah satunya untuk melancarkan haid.

Cuka sari apel bertugas mengatur hormon insulin dalam tubuh sehingga dapat melancarkan peredaran darah terutama saat haid. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.