https://jabar.times.co.id/
Pendidikan

Dr Yadi Heryadi Dilantik Nakhodai Unper Periode 2024-2028

Kamis, 06 Juni 2024 - 21:10
Dr Yadi Heryadi Dilantik Nakhodai Unper Periode 2024-2028 Dr. H. D. Yadi Heryadi, Ir., M.Sc saat dilantik oleh Ketua Umum YUS Brigjen TNI (Purn) Eko Irianto, S.Ip di Gedung Mashudi, Kamis (6/6/2024). (Foto: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, TASIKMALAYA – Dr. H. D. Yadi Heryadi, Ir., M.Sc resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya untuk periode 2024-2028. Alumni University of Ghent, Belgia ini menerima estafet kepemimpinan dari Prof. Dr. Yus Darusman yang telah memimpin perguruan tinggi di bawah naungan Yayasan Universitas Siliwangi (YUS) selama delapan tahun.

Dr. Yadi Heryadi, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor II Unper, terpilih setelah berhasil meyakinkan Senat Unper serta para pembina dan pengurus YUS dalam proses pemilihan rektor yang dimulai sejak awal Mei 2024.

Melalui sidang senat yang ketat, tiga nama kandidat diusulkan, yakni Dr. H. D. Yadi Heryadi, Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi (Guru Besar Unsoed), dan Prof. Dr. Syihabbudin (Guru Besar UPI). Pada akhirnya, Dr. Yadi Heryadi mendapatkan mandat untuk melanjutkan kepemimpinan di Unper.

Dalam sambutannya usai pelantikan di Auditorium Gedung Letjen TNI (Purn) Mashudi, Dr. Yadi menyampaikan rasa syukur dan tekadnya untuk menjalankan amanah dengan sepenuh hati dan tanggung jawab. 

"Saya optimis dapat membantu Unper menjadi kampus yang unggul," ujarnya. Saat ini, tujuh dari sepuluh program studi (prodi) di Unper telah terakreditasi baik sekali, dan dua prodi lainnya sedang dalam proses assessment untuk mencapai akreditasi yang sama. 

"Prodi Agroteknologi juga sedang banding dan kami tengah melengkapi persyaratannya agar bisa terakreditasi baik sekali," tambahnya.

Prosesi pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum YUS Brigjen TNI (Purn) Eko Irianto, S.Ip dan dihadiri oleh perwakilan pejabat L2Dikti, pejabat dari Pemkot dan Pemkab Tasikmalaya, sejumlah rektor dari wilayah Priatim, perwakilan dari instansi swasta, serta lebih dari seratus undangan lainnya. 

Dr. Yadi menegaskan bahwa soliditas, kebersamaan, semangat, dan kualitas SDM di setiap prodi sudah kuat dan terbangun cukup lama. "Hal ini menjadi kunci dan memacu saya untuk memberanikan diri mengikuti kontestasi pemilihan rektor yang pertama kali dilakukan secara terbuka ini," katanya.

Dr. Yadi juga menyoroti upaya untuk membawa Unper ke kancah internasional. Salah satunya adalah mendorong riset dengan target masuk jurnal internasional dan penambahan jumlah dosen bergelar doktor. 

"Untuk SDM, insya Allah dalam beberapa tahun ke depan kita akan segera panen dosen bergelar doktor," ujarnya. 

Selain itu, Unper berencana untuk menjalin pertukaran pelajar dengan perguruan tinggi di China, yang difasilitasi oleh Dr. Dwi, dosen Unper yang mengambil S-3 di China. 

"Jika tidak ada rintangan, mulai akhir tahun ini kita akan menerima mahasiswa dari China dan juga menyiapkan mahasiswa Unper untuk kuliah di China," jelasnya.

Selain dengan universitas di China, Unper terus memperkuat kerjasama dengan universitas di Australia, Thailand, Malaysia, dan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan MoU dengan Ghent University, almamater Dr. Yadi.

"Saya punya beberapa relasi di Belgia dan tentu kita akan berupaya menjajaki kerjasama dengan kampus itu," tambahnya.

Prof. Yus Darusman, dalam sambutannya, mengungkapkan rasa syukurnya bisa menjadi bagian dari sejarah perjuangan Unper dalam mencetak SDM berkualitas di wilayah ini. 

Ia berharap keluarga besar Unper bisa menyelesaikan pekerjaan rumah yang belum terealisasi dan terus meningkatkan sinergi dengan mitra kerja Unper. 

"Saya harap semua civitas akademika tetap solid, kompak, dan penuh kebersamaan untuk menghadapi tantangan yang lebih berat ke depan," tutup Ketua Umum YUS Brigjen TNI (Purn) H. Eko Irianto, S.Ip.

Dengan pelantikan ini, Dr. Yadi Heryadi diharapkan dapat membawa Universitas Perjuangan Tasikmalaya menuju era baru yang penuh prestasi dan inovasi, mengokohkan posisinya sebagai perguruan tinggi swasta terbesar di Priangan Timur. (*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.