https://jabar.times.co.id/
Pendidikan

Universitas BTH Wisuda 434 Mahasiswa, Ini Pesan Rektor 

Rabu, 09 Oktober 2024 - 15:43
Universitas BTH Wisuda 434 Mahasiswa, Ini Pesan Rektor  Rektor UBTH, Dr. Ruswanto, M.Si., saat menyampaikan sambutan di hadapan ratusan wisudawan di Grha Asri Kawasan Mall Asia Plaza, Rabu (9/10/2024). (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia) 

TIMES JABAR, TASIKMALAYA – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi yang membawa transformasi besar-besaran di berbagai sektor, Universitas Bakti Tunas Husada (UBTH) Tasikmalaya berhasil meluluskan 434 mahasiswa dari berbagai program studi pada tahun 2024. 

Acara wisuda yang berlangsung di Grha Asri Kawasan Mall Asia Plaza ini ini menjadi momen penting bagi para lulusan untuk menyiapkan diri menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif, terutama di era Revolusi Industri 4.0.

Dalam sambutannya, Rektor UBTH, Dr. Ruswanto, M.Si., menekankan pentingnya kesiapan para lulusan dalam menghadapi tantangan teknologi masa kini. 

Di hadapan ratusan wisudawan, Dr. Ruswanto menyoroti bahwa perubahan teknologi yang pesat seperti kecerdasan buatan (AI), big data, robotik, dan Internet of Things (IoT) telah mengubah lanskap dunia kerja secara signifikan.

“Era Revolusi Industri 4.0 menciptakan kompetisi yang ketat, namun juga menawarkan berbagai peluang bagi mereka yang siap menghadapi perubahan. Kolaborasi lebih diutamakan daripada kompetisi, dan fleksibilitas serta kemampuan untuk terus belajar adalah kunci kesuksesan,” ujar Dr. Ruswanto, Rabu (9/10/2024) 

Pada tahun 2024 tercatat sebanyak  204 lulusan dari Program Sarjana Farmasi, 106 dari Program Diploma Keperawatan, 109 dari Program Diploma Analis Kesehatan, serta 15 dari Program Refraksi Optisi.

 Semua lulusan diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan di dunia kerja, yang banyak dipengaruhi oleh inovasi teknologi modern.

Dr. Ruswanto juga mengingatkan bahwa para lulusan harus memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap teknologi terbaru. "Meski hari ini kalian telah lulus, proses pembelajaran tidak pernah berhenti. Lifelong learning atau pembelajaran sepanjang hayat adalah kunci utama di era teknologi yang terus berubah," tambahnya.

Kebutuhan akan tenaga kerja yang menguasai teknologi digital menurutnya  semakin tinggi, para lulusan dituntut untuk terus mengasah keterampilan baru dan memperbarui pengetahuan sesuai dengan tuntutan industri. 

"Ini sangat penting agar mereka tetap relevan dan kompetitif dalam pasar kerja yang terus berkembang." tandasnya

Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pekerjaan, dengan banyaknya pekerjaan tradisional yang tergantikan oleh otomatisasi dan kecerdasan buatan. 

Hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi para lulusan universitas, namun juga membuka peluang besar bagi mereka yang mampu menguasai teknologi digital serta memiliki keterampilan yang relevan dengan industri modern.

"Sebagai lulusan universitas, kalian berada di posisi yang sangat strategis. Kalian punya kesempatan untuk tidak hanya beradaptasi, tetapi juga memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat," ucap Dr. Ruswanto.

Rektor UBTH tersebut juga menegaskan bahwa keterampilan kolaborasi dan kemampuan untuk terus belajar adalah dua kunci penting untuk sukses dalam lingkungan kerja yang terus berubah. Dalam sambutannya, ia mengutip tokoh-tokoh dunia untuk memotivasi para lulusan, di antaranya Barack Obama yang mengatakan "Masa depan memberi penghargaan kepada mereka yang terus maju," serta Steve Jobs yang berkata, "Satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang menurutmu pekerjaan hebat."

"Universitas Bakti Tunas Husada selalu menjadi rumah kalian. Kami akan selalu mendukung langkah-langkah kalian di masa depan," pungkasnya.

Gelaran ini menjadi penanda bahwa para lulusan UBTH telah siap menghadapi dunia kerja yang lebih dinamis dan menantang, melalui acara wisuda ini, UBTH tidak hanya mengukuhkan para lulusan sebagai bagian dari dunia kerja, tetapi juga memberikan bekal berupa pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi dunia yang semakin terotomatisasi. (*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.