https://jabar.times.co.id/
Berita

Permudah Akses Data, Dinas PUPR Banjarnegara Launching Pojok Si Bima

Jumat, 27 September 2024 - 11:02
Permudah Akses Data, Dinas PUPR Banjarnegara Launching Pojok Si Bima Kepala Dinas PUPR Banjarnegara Yusuf Winarsono, bersama penggagas dan tim Pojok Si Bima. (FOTO : Dok PUPR for TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, BANJARNEGARA – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjarnegara melaunching Pojok Si Bima (Sistem Informasi Bina Marga), aplikasi berbasis data untuk membangun data atau informasi kebinamargaan. 

Launching dilakukan oleh Kepala Dinas PUPR Banjarnegara Yusuf Winarsono, dihadiri karyawan. Dalam kesempatan ini Yusuf Winarsono mengapresiasi penggagas aplikasi Pojok Si Bima dan berharap dengan aplikasi ini sistem pelayanan bidang kebinamargaan akan semakin cepat.

Dinas-PUPR-Banjarnegara-2.jpg

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Banjarnegara, Hemawan Tutut Indarji, yang juga sebagai penggagas Pojok Si Bima, Jumat pagi (27/9/2024) menyampaikan, aplikasi ini merupakan sebuah aksi perubahan guna terwujudnya sistem informasi kebinamargaan serta untuk memenuhi kebutuhan informasi di Kabupaten Banjarnegara.

Tutut menjelaskan, ada beberapa manfaat Pojok Si Bima yakni bagi pemerintah adalah kolaborasi yang baik OPD lingkup pemerintah Kabupaten Banjarnegara. 

Kemudian bagi PUPR untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, meningkatnya kualitas pelayanan publik dan mendorong tercapainya kinerja organisasi.

Dinas-PUPR-Banjarnegara-3.jpg

Selanjutnya bagi media massa, peningkatan kerja sama dan sinergitas stakeholder dengan media untuk penyebaran informasi kebinamargaan yang lebih cepat dan akurat. 

Sedang bagi akademisi, tersedianya akses untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam transfer pengetahuan bebinamargaan.

Dengan Pojok Si Bima lanjut Tutut diharapkan ada output dan outcome. Output dari aksi perubahan ini, terbentuknya tim efektif, tersedianya data/informasi digital, tersusunnya sistem informasi Bina Marga dan tersedianya Pojok Informasi (tempat dan perangkat untuk mengakses informasi)

Sedang outcomenya adalah mempermudah mengakses informasi Kebinamargaan, mengurangi jumlah penggunaan kertas dan ruang penyimpanan berkas dan menuju keterbukaan informasi publik di Kabupaten Banjarnegara. (*)

Pewarta : Muchlas Hamidi
Editor : Bambang H Irwanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.