TIMES JABAR, PANGANDARAN – Dalam Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Pandega) Kabupaten Pangandaran mendapatkan capaian positif pada semester I tahun 2025.
Hal tersebut didapatkan setelah Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) RSUD Pandega mencapai angka 82,5 yang masuk dalam kategori Baik. Nilai tersebut adalah berdasarkan hasil survei yang dilakukan terhadap sejumlah responden.
Direktur RSUD Pandega Pangandaran Titi Sutiamah mengatakan, pihak RSUD Pandega sangat bersyukur atas pencapaian angka 82,5. Hal tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh tim.
"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan ini. Angka 82,5 ini adalah hasil dari kerja keras seluruh tim, mulai dari dokter, perawat, hingga staf administrasi," kata Titi, Rabu (20/8/2025).
Survei itu menilai berbagai aspek layanan mulai dari kemudahan prosedur, kecepatan pelayanan, keramahan petugas, hingga kualitas fasilitas.
Hasil ini dinilai sebagai cerminan komitmen RSUD Pandega untuk terus meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat.
Titi menuturkan, pencapaian itu pun akan menjadi motivasi untuk terus berbenah dan memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan manusiawi.
Ia menekankan pentingnya SKM sebagai alat ukur efektivitas pelayanan publik serta sarana mengidentifikasi area yang masih memerlukan perbaikan.
"Setiap masukan dari masyarakat sangat kami perhatikan dan akan menjadi bahan evaluasi demi peningkatan kualitas layanan di masa mendatang," tuturnya.
RSUD Pandega menegaskan posisinya sebagai salah satu fasilitas kesehatan andalan dengan IKM yang tinggi di Kabupaten Pangandaran serta berorientasi pada kepuasan dan keselamatan pasien.
"Kami harap, capaian ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan untuk mendukung terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik," pungkasnya. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: RSUD Pandega Pangandaran Berhasil Raih Nilai Tinggi dalam Survei Kepuasan Masyarakat
Pewarta | : Acep Rifki Padilah |
Editor | : Deasy Mayasari |