https://jabar.times.co.id/
Berita

Terduga Teroris di Kota Batu Rencanakan Bom Bunuh Diri di Dua Tempat

Kamis, 01 Agustus 2024 - 11:33
Terduga Teroris di Kota Batu Rencanakan Bom Bunuh Diri di Dua Tempat Lokasi penangkapan terduga teroris di Kota Batu. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, JAKARTA – Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri (Densus 88) berhasil menangkap dua terduga teroris di Kota Batu, Jawa Timur. Terduga teroris diduga kuat merencanakan aksi bom bunuh diri di dua tempat ibadah di wilayah Malang.

Penangkapan terduga teroris terjadi setelah dilakukan penggerebekan di sebuah rumah di perumahan kluster Vila Syariah Bunga Tanjung, Junrejo, Kota Batu, pada Kamis pagi (1/8/2024).

Menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, penangkapan ini dilakukan berdasarkan penyelidikan mendalam yang mengungkap rencana aksi teror terduga teroris.

"Berencana melakukan bom bunuh diri di dua tempat peribadahan di Malang, Jawa Timur," ujar Trunoyudo, dikutip dari Okezone.com.

Trunoyudo juga menyebut bahwa tersangka teroris yang ditangkap adalah simpatisan kelompok teror Daulah Islamiyah. 

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Densus 88 Gerebek Vila Dekat Mapolres Batu 

Proses penggeledahan dan olah tempat kejadian perkara (TKP) dilakukan di beberapa titik. Selain di perumahan Vila Syariah Bunga Tanjung, juga di sebuah rumah yang berada di Jalan Hasanuddin Gang 26, Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Di lokasi penggerebekan terlihat kesibukan petugas berseragam hitam menggunakan helm tactical bersenjata lengkap. Polisi memasang garis polisi sekitar 20 meter dari rumah tersebut, dengan penjagaan ketat oleh aparat kepolisian bersenjata lengkap.

Tim dari Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur bersama Densus 88 Mabes Polri hadir di lokasi untuk melakukan identifikasi lebih lanjut.

BACA JUGA: Dua Terduga Teroris Akrab dengan Warga Kota Batu

Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Rudi Kuswoyo membenarkan informasi tersebut.  "Benar tadi malam ada penangkapan terduga teroris di Dusun Jeding, tapi lebih jelas ke pihak Densus 88 ya. Kami hanya membantu mengamankan lokasi," katanya. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.