https://jabar.times.co.id/
Berita

HUT ke-79 RI, Karnaval Munjul Majalengka Ajang Memperkenalkan Ragam Budaya

Minggu, 25 Agustus 2024 - 13:59
HUT ke-79 RI, Karnaval Munjul Majalengka Ajang Memperkenalkan Ragam Budaya Karnaval Munjul Majalengka yang memperkenalkan ragam budaya. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – Rangkaian perayaan HUT ke-79 RI masih banyak dilakukan di berbagai daerah. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Munjul Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Betapa tidak, rasa nasionalisme yang sangat erat di hari kemerdekaan tahun ini dibalut dengan kegembiraan dan kebersamaan. Kegiatan yang dikemas bertajuk "Karnaval Kemerdekaan" tersebut diinisiasi oleh Karang Taruna Citra Remaja Munjul.

Ketua Karang Taruna Citra Remaja Munjul, Gugum Wangsa Drigama mengatakan, kegiatan pawai karnaval itu melintasi sejumlah ruas jalan di sekitar lingkungan Kelurahan Munjul, Kecamatan Majalengka. Para peserta pawai diberangkatkan dari kantor kelurahan setempat.

Karnaval-Munjul-Majalengka-b.jpg

Menurut Gugum, karnaval tingkat kelurahan ini diikuti oleh seluruh RT/RW se-Kelurahan Munjul, Kecamatan dan Kabupaten Majalengka. Tidak hanya itu, sejumlah pelajar turut serta ambil bagian dalam kegiatan karnaval tersebut.

"Mereka tampak antusias menampilkan atraksi-atraksi peragaan busana adat. Tak hanya itu, banyak juga kebudayaan yang ditampilkan oleh peserta pawai yang sangat menarik. Sehingga kegembiraan dan keceriaan terlihat dari wajah-wajah peserta karnaval," ujarnya, Minggu (25/8/2024).

Terlebih, kata dia, di dalam kegiatan tersebut turut diiringi oleh alunan musik yang membakar semangat para peserta karnaval, sehingga membuat suasana menjadi sangat meriah. Bahkan, pihak panitia juga menyediakan berbagai doorprize menarik untuk para peserta karnaval tersebut.

Sementara itu, Penasehat Karang Taruna Citra Remaja Munjul, Drs. Dedi Surahman, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan semua pihak termasuk yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan karnaval 2024.

Rangkaian-perayaan-HUT-ke-79-RI.jpg

Menurutnya, karnaval bertabur hadiah ini dalam rangka HUT ke-79 RI dan baru pertama kali dilaksanakan oleh masyarakat Kelurahan Munjul, Kecamatan dan Kabupaten Majalengka, sehingga membuat peserta karnaval semakin bersemangat.

"Kami berharap dengan diselenggarakan karnaval yang memperkenalkan ragam budaya ini dapat menanamkan semangat juang dalam membangun Bangsa Indonesia, khususnya Kelurahan Munjul, Majalengka dan semakin mempererat silaturahmi antar warga, sehingga tertanam rasa kebersamaan dan gotong royong," jelasnya. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.