https://jabar.times.co.id/
Berita

Melihat Sejarah dari Sisi Lain, Film 'EKSIL' Karya Lola Amaria Disambut Hangat di Sydney

Rabu, 09 Oktober 2024 - 19:00
Melihat Sejarah dari Sisi Lain, Film 'EKSIL' Karya Lola Amaria Disambut Hangat di Sydney Poster film EKSIL karya Lola Amaria (Foto: HISTORIA)

TIMES JABAR, AUSTRALIAFilm dokumenter pemenang penghargaan berjudul 'EKSIL' karya sutradara ternama Indonesia Lola Amaria, diputar di University of Sydney, Australia pada Selasa (8/10/2024) kemarin. 

Acara yang dihadiri  sekitar 200 orang, terdiri atas Warga Negara Indonesia (WNI), pelajar Indonesia dan mancanegara serta diaspora Indonesia ini, mencerminkan antusiasme besar terhadap karya sineas Indonesia yang mengangkat kisah penting dalam sejarah bangsa. 

Penayangan 'EKSIL' di Sydney mendapatkan dukungan dari berbagai pihak termasuk Konsulat Jenderal RI di Sydney.

Dukungan pun datang dari University of Sydney, Australia Indonesia Youth Association (AIYA), Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) University of Sydney, LPDP University of Sydney dan Indonesian Network of Doctoral and Early-career Researchers in Australia (INDERA).

Konsul Jenderal RI Sydney, Vedi Kurnia Buana menyampaikan apresiasinya kepada Lola Amaria, Sari Mochtan dan tim produksi.

"Film 'EKSIL' membuka ruang bagi kita semua untuk merenungkan babak penting dalam sejarah Indonesia, tidak hanya melalui peristiwa-peristiwa besar, tetapi juga melalui kisah individu-individu yang terdampak langsung," ujar Vedi.

"Film ini memberikan perspektif baru tentang dampak politik terhadap identitas dan kehidupan manusia, yang penting untuk kita pahami dan renungkan bersama guna membangun masa depan Indonesia yang lebih baik," imbuhnya.

lola-amaria-01.jpg

Film 'EKSIL' yang diproduksi Lola Amaria Production, bercerita tentang mahasiswa Indonesia yang dikirim ke luar negeri untuk belajar, tetapi tidak bisa kembali ke tanah air akibat gejolak politik pada tahun 1965-1966. 

Paspor mereka dicabut, menyebabkan mereka kehilangan kewarganegaraannya/stateless di Eropa. Film ini menggambarkan pergulatan mereka dalam mempertahankan identitas nasional di tanah asing, sekaligus kerinduan untuk kembali ke Indonesia.

Lola Amaria sendiri dikenal dengan karya-karyanya yang menggali isu-isu sosial, seperti 'Sunday Morning at Victoria Park' (2010), 'Jingga' (2016) dan 'Lima' (2018). Melalui 'EKSIL', ia sekali lagi menyentuh aspek-aspek kemanusiaan yang mendalam. 

Film ini telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Film Terbaik (JAFF Indonesian Screen Awards) di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2022 dan Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia 2023.

Dalam sesi diskusi dengan penonton yang hadir, Lola mengatakan, “Saya berharap 'EKSIL' dapat menjadi cermin bagi kita semua bahwa kemanusiaan dan hak-hak dasar tidak boleh diabaikan, bahkan dalam situasi politik yang paling sulit. Kisah-kisah ini adalah bagian dari sejarah Indonesia yang harus kita ingat dan terus perjuangkan." 

lola-amaria-02.jpg

Belakangan bahkan diketahui bahwa salah satu 'EKSIL' adalah tokoh pemerhati bahasa yang cukup dikenal di kalangan akademisi.

Fakta itu diungkapkan Dwi Noverini Djenar, sorang Indonesianist sekaligus Associate Professor di Department of Indonesian Studies, University of Sydney yang bertindak selaku moderator diskusi.

"Saya terharu bisa melihat wawancara Bapak Waruno Mahdi, seorang 'EKSIL' yang juga self-trained linguist. Karya-karyanya dalam bentuk buku maupun artikel banyak dirujuk di kalangan akademisi dan pemerhati bahasa," ujanya.

Diskusi kali ini disambut antusiasme tinggi dari para penonton, terutama dalam menggali lebih jauh proses kreatif dan tantangan yang dihadapi dalam pembuatan film 'EKSIL'. 

"Saya mengapresiasi keuletan dan kejelian sutradara dan produser, setelah 10 tahun berproses akhirnya film ini diluncurkan pada momentum yang tepat, dan juga mendapat penghargaan yang cukup prestisius," ujar satu penonton, mahasiswa Indonesia yang sedang melanjutkan studi S2 di University of Sydney.

lola-amaria-03.jpg

Film ini pertama kali diputar di bioskop-bioskop komersial Indonesia pada awal 2024 dan berhasil menarik lebih dari 65.000 penonton dalam waktu singkat. Setelah penayangan di Indonesia, Lola Amaria dan tim melanjutkan perjalanan penayangan ke berbagai negara di Eropa seperti Belanda, Prancis, dan Jerman. 

Kini, film 'EKSIL' juga ditayangkan di beberapa kota di Australia, termasuk Perth, Melbourne, dan akan segera diputar di Canberra.

Selain menjadi karya seni yang berkesan, film 'EKSIL' karya Lola Amaria ini juga berfungsi sebagai alat edukasi yang mengajak penonton untuk melihat kembali sejarah Indonesia dan memahami dampak politik terhadap identitas individu. (*)

Pewarta : Sholihin Nur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.