https://jabar.times.co.id/
Berita

Launching Dimulai, Berikut Jadwal Kegiatan Hari Santri Nasional 2024 di Cianjur

Selasa, 01 Oktober 2024 - 21:28
Launching Dimulai, Berikut Jadwal Kegiatan Hari Santri Nasional 2024 di Cianjur Launching Hari Santri Nasional (HSN) di Cianjur (01/10/2024) (FOTO: Wandi Ruswannur for Times Indonesia)

TIMES JABAR, CIANJUR – Momentum Hari Santri Nasional (HSN) di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Penetapannya merujuk pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 yang dikeluarkan oleh Presiden RI Jokowi

Dalam hal ini Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cianjur bersama Forkopimda, Kemenag, dan Ormas Islam lainnya dengan melibatkan seluruh pesantren, majelis taklim, lembaga pendidikan keagamaan dan umum yang ada menggelar launching Hari Santri Nasional (HSN) di Aula Kantor PCNU, Jalan Perintis Kemerdekaan, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Selasa (01/10/2024).

Ketua Panitia HSN Cianjur 2024, KH Mohammad Devi Anwar yang akrab dipanggil Aang Haji MDA mengatakan, dalam kegiatan HSN tahun 2024 ini ada beberapa macam kegiatan yang digaungkan di antaranya yaitu lomba kampung dan gapura NU. 

"Setelah launching hari ini Selasa, 01 Oktober 2024 digelar juga dengan lomba keagamaan, istighosah, dan tabligh akbar di 5 zona. Kemudian dilanjutkan dengan Pekan Raya HSN (bazar) dari tanggal 20 Oktober - 17 Nopember 2024 oleh Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) di Alun-Alun Cianjur dengan estimasi massa sebanyak 150.000 orang," ucap Aang Haji MDA yang juga Ketua IKA PMII Cianjur kepada TIMES Indonesia di lokasi acara.

Lebih jauh kata Wakil Sekretaris PCNU Cianjur tersebut menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah bahwa HSN merupakan hari sakral dan bersejarah, bukan hanya untuk santri, pesantren dan kiai tapi untuk masyarakat luas pada umumnya.

"Karena di hari tersebut Indonesia melalui santri dan kiai bisa berperan aktif dalam rangka kemerdekaan terlepas dari belenggu penjajahan," imbuh Pimpinan Ponpes Al-Inayah Rancagoong Cilaku.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cianjur, KH Deden Usman Ridwan mengatakan, bahwa momentum HSN ini harus dimanfaatkan sebaik baiknya dalam rangka membangun solidaritas bersama masyarakat.

"Esensi dari HSN adalah bagaimana nilai kesantrian seperti tasammuh (toleransi), tawadhu (rendah hati), tawaddud (saling mencintai) serta nilai-nilai mulia  lainnya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh warga Cianjur yang terkenal dengan sebutan kota santri gudangnya ulama," ungkapnya.

Oleh karena itu pihaknya mengajak kepada seluruh warga Nahdliyyin baik struktural (jam'iyyah) maupun kultural (jama'ah), forkopimda,  seluruh ormas, OKP serta masyarakat Kabupaten Cianjur untuk bisa mensukseskan rangkaian acara HSN ini.

"Tentunya dengan penuh suka cita dan riang gembira sebagai rasa syukur kepada Allah SWT dalam rangka mewujudkan Cianjur yang berakhlakul karimah, maju dan mandiri," pungkasnya menutup penyampaian.

Sebagai tambahan informasi, berikut lomba HSN di Cianjur tahun 2024 yaitu: 
1. Kampung dan Gapura NU di setiap MWCNU
2. Qosidah oleh Muslimat NU
3. Baca kitab kuning oleh santri
4. Puisi oleh pelajar NU
5. Menggambar logo NU oleh anak-anak TK/RA dan SD/MI
6. Dakwah oleh remaja NU

Adapun lokasi lomba dari 354 Ranting NU dan 32 MWCNU dibagi menjadi 5 zona dengan rincian:

Zona 1: MWCNU Warungkondang, Gekbrong, Cianjur, Cilaku, dan Cibeber, pelaksanaan lomba di PP Al-I'tishom pada Senin, 14 Oktober 2024.

Zona 2: MWCNU Cipanas, Pacet, Cugenang, Sukaresmi, dan Cikalongkulon, pelaksanaan lomba di PP Nurul Wathon pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Zona 3: MWCNU Karangtengah, Ciranjang, Sukaluyu, Mande, Haurwangi, dan Bojong Picung, pelaksanaan lomba di PP Al-Ittihad pada Selasa, 22 Oktober 2024 sekaligus puncak acara.

Zona 4: MWCNU Campaka, Campaka Mulya, Sukanagara, Pagelaran, Tanggeung, Takokak, Cijati, Kadupandak, dan Pasir Kuda, pelaksanaan lomba di lingkungan Mesjid Assafariah Sukanagara pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Zona 5: MWCNU Cidaun, Naringgul, Sindangbarang, Cibinong, Agrabinta, Cikadu, dan Leles, pelaksanaan lomba di PP Salsabila Zainia Cidaun pada Minggu, 6 Oktober 2024.

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.