TIMES JABAR, BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 atau Daop 2 Bandung mencatatkan keberhasilan gemilang dalam penyelenggaraan layanan Angkutan Lebaran 2025, dengan total 4.008 perjalanan kereta api yang berlangsung aman, selamat, dan lancar selama periode 21 Maret hingga 11 April 2025.
Keberhasilan ini merupakan cerminan dari komitmen tinggi dan sinergi seluruh elemen yang terlibat dalam operasional transportasi kereta api nasional.
Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo, menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh pelanggan dan pihak-pihak yang telah memberikan dukungan penuh.
“Alhamdulillah, seluruh perjalanan kereta api selama masa Angkutan Lebaran 2025 dapat berlangsung tanpa kendala berarti. Ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi dari seluruh jajaran internal KAI, berbagai mitra dan stakeholder KAI, serta dukungan penuh dari para pelanggan,” ujar Kuswardojo dalam keterangannya, Senin (14/4/2025).
Sejumlah calon penumpang saat berada di ruang tunggu stasiun Tasikmalaya beberapa waktu yang lalu. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Selama 22 hari masa Angkutan Lebaran 2025, KAI Daop 2 Bandung mengoperasikan ribuan perjalanan kereta api, yang terdiri dari berbagai jenis layanan, diantaranya:
1.012 perjalanan KA Penumpang Jarak Jauh Reguler
220 perjalanan KA Penumpang Jarak Jauh Tambahan
1.320 perjalanan KA Lokal (Commuter Line)
1.434 perjalanan KA Feeder
22 perjalanan KA Barang
Keberhasilan operasional ini juga ditunjukkan dengan tingkat ketepatan waktu yang tinggi, yakni 99,61% KA Berangkat Tepat Waktu dan 98,68% KA Datang Tepat Waktu. Angka ini mempertegas komitmen KAI dalam memberikan layanan transportasi yang andal, efisien, dan terpercaya, terlebih saat menghadapi lonjakan penumpang di masa Lebaran.
Dalam rangka memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, KAI Daop 2 Bandung memastikan bahwa seluruh aspek keselamatan, kebersihan fasilitas, dan standar pelayanan minimum (SPM) tetap terjaga secara optimal selama masa arus mudik dan balik Lebaran.
Hal ini sejalan dengan arahan dari Direksi PT KAI yang menekankan pentingnya layanan prima, terutama pada momen dengan mobilitas tinggi seperti Idulfitri.
“Kami terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan setia KAI. Kesuksesan Angkutan Lebaran 2025 ini menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan di masa mendatang,” tambah Kuswardojo.
Kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api terus tumbuh dari tahun ke tahun. Selain karena faktor kenyamanan, keamanan, dan ketepatan waktu, moda ini juga menjadi pilihan utama karena mampu menjangkau berbagai daerah dengan efisien dan biaya yang kompetitif.
Angkutan Lebaran selalu menjadi tolok ukur penting dalam performa transportasi nasional. Melalui pencapaian 4.008 perjalanan KA yang sukses dioperasikan oleh KAI Daop 2 Bandung, PT KAI sekali lagi menegaskan posisinya sebagai tulang punggung transportasi darat nasional dan mitra mobilitas masyarakat Indonesia. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: KAI Daop 2 Bandung Sukses Operasikan 4.008 Perjalanan Kereta Api Selama Angkutan Lebaran 2025
Pewarta | : Harniwan Obech |
Editor | : Deasy Mayasari |