https://jabar.times.co.id/
Gaya Hidup

Pengisi Suara Darth Vader di Film 'Star Wars', James Earl Jones Meninggal Dunia

Selasa, 10 September 2024 - 05:37
Pengisi Suara Darth Vader di Film 'Star Wars', James Earl Jones Meninggal Dunia James Earl Jones mengangkat dua Penghargaan Emmy yang dimenangkannya. (FOTO A: CNA/Reuters)

TIMES JABAR, JAKARTA – James Earl Jones meninggal dunia pada Senin (9/9/2024). Aktor lebih dikenal sebagai pengisi suara Darth Vader dalam film Star Wars dan Mufasa dalam film Lion King itu mangkat dalam usia 93 tahun.

"James Earl Jones adalah seorang aktor panggung dan layar lebar yang mengesankan yang mengatasi kegagapan di masa kanak-kanak untuk mengembangkan suara keras yang dikenal di seluruh dunia sebagai penjahat intergalaksi Darth Vader," kata agennya seperti dilansir CNA.

Stras-Wars.jpg

'Sesuai keinginanmu': Boba Fett bersama Darth Vader dan Lando Calrissian dalam Empire Strikes Back. (FOTO: CNA)

James Earl Jones juga seorang penderita diabetes yang sudah lama. "Ia meninggal di rumahnya dikelilingi oleh anggota keluarga," kata agen Barry McPherson. Tidak disebutkan penyebab kematiannya.

Jones memiliki penampilan fisik yang hebat di panggung dan televisi, serta di film, tetapi ia menjadi bintang meskipun wajahnya tidak pernah terlihat, karena suaranya memiliki kariernya sendiri, Bass beresonansi.

Suaranya itulah yang bisa langsung membangkitkan rasa hormat, seperti yang dilakukan oleh ayah bijak Mufasa dalam The Lion King dan banyak peran Shakespeare, atau menimbulkan rasa takut sebagai Vader yang serak dalam film Star Wars.

Jones tertawa saat pewawancara BBC bertanya apakah dia merasa kesal karena terlalu dekat dengan Darth Vader, sebuah peran yang hanya membutuhkan suaranya untuk beberapa dialog sementara aktor lain melakukan pekerjaan di layar dalam balutan kostum.

"Saya senang menjadi bagian dari seluruh mitos itu, dari seluruh aliran sesat itu," katanya, seraya menambahkan bahwa ia senang menuruti para penggemar yang meminta pembacaan perintah dari kalimatnya "Saya ayahmu".

Jones mengatakan dia tidak pernah menghasilkan banyak uang dari peran Darth Vader, hanya US$9.000 untuk film pertama, karena dia menganggapnya hanya pekerjaan efek khusus. Dia bahkan tidak meminta untuk tampil dalam kredit dua film Star Wars pertama.

Daftar penghargaannya yang panjang termasuk Tony Awards untuk The Great White Hope pada tahun 1969 dan Fences pada tahun 1987 di Broadway serta Emmy Awards pada tahun 1991 untuk Gabriel's Fire dan Heat Wave di televisi. Ia juga memenangkan Grammy untuk album best-spoken word, Great American Documents pada tahun 1977.

Meskipun ia tidak pernah memenangkan penghargaan Akademi yang kompetitif, ia dinominasikan sebagai Aktor Terbaik untuk versi film The Great White Hope dan diberi Oscar kehormatan pada tahun 2011.

Ia memulai karier filmnya dengan memerankan Letnan Luther Zogg dalam film klasik arahan Stanley Kubrick tahun 1964, Dr Strangelove atau: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb pada tahun 1964.

Peran-perannya dalam film kemudian diakui termasuk novelis Terence Mann dalam "Field of Dreams" tahun 1989 dan Pendeta Afrika Selatan Stephen Kumalo dalam Cry, the Beloved Country tahun 1995.

Ia juga membintangi Conan the Barbarian, Coming to America, The Sandlot, Matewan, The Hunt for Red October, dan Field of Dreams, dan masih banyak lagi.

Jones juga tampil dalam lusinan iklan televisi dan selama beberapa tahun CNN menggunakan pidatonya yang berwibawa "This is CNN" untuk memperkenalkan siaran beritanya.

James Earl Jones lahir pada 17 Januari 1931, di komunitas kecil Arkabutla, Mississippi, dari keluarga dengan latar belakang etnis campuran Irlandia, Afrika, dan Cherokee. Ayahnya, petinju yang beralih profesi menjadi aktor Robert Earl Jones, meninggalkan keluarga tak lama setelah itu.

James Earl Jones dibesarkan oleh kakek-nenek dari pihak ibu, yang melarangnya bertemu ayahnya, dan keduanya tidak pernah bersama hingga James pindah ke New York pada tahun 1950-an. Akhirnya, mereka tampil bersama dalam beberapa drama.

Jones berusia sekitar 5 tahun ketika kakek-neneknya memindahkan keluarganya dari Mississippi ke sebuah pertanian di Michigan dan sekitar waktu itulah ia berhenti berbicara karena gagapnya.

Ia lebih banyak diam selama satu dekade hingga suatu taktik yang dilakukan oleh guru bahasa Inggrisnya di sekolah menengah membuatnya berbicara. Guru tersebut meminta Jones membacakan puisi yang katanya ia tulis di depan kelas untuk membuktikan bahwa ia cukup mengenal puisi tersebut untuk menjadi penulisnya.

Meskipun setelah itu ia mengatakan ia masih harus memilih kata-katanya dengan hati-hati, Jones belajar mengendalikan kegagapannya dan mulai tertarik pada dunia akting. Setelah mempelajari drama di Universitas Michigan, ia pindah ke New York, dimana pertunjukan teaternya semakin menarik perhatian dan pujian kritis.

Peran terobosan James Earl Jones di Broadway adalah The Great White Hope, memerankan karakter yang terinspirasi dari juara kelas berat kulit hitam Jack Johnson. Drama tersebut membahas rasisme melalui sudut pandang dunia tinju dan para kritikus memuji penampilan Jones.

Tokoh teater yang populer selama beberapa dekade, peran utamanya dalam drama Shakespeare termasuk Hamlet, Macbeth, King Lear, dan Othello.

Ia juga memiliki peran penting sebagai penyanyi-aktor-aktivis Paul Robeson di Broadway pada tahun 1977 dan sebagai penulis Alex Haley dalam serial mini televisi "Roots: The Next Generation".

Ia "mampu berubah dalam hitungan detik dari kepolosan kekanak-kanakan menjadi kemarahan yang hampir seperti di dalam Alkitab dan entah bagaimana menunjukkan semua gradasi di antaranya," tulis Washington Post dalam ulasannya tentang "Fences" pada tahun 1987.

Istri pertama James Earl Jones adalah Julienne Marie Hendricks, salah satu lawan mainnya di "Othello". Earl dan istri keduanya, aktris Cecilia Hart, yang meninggal pada tahun 2016, memiliki seorang anak, Flynn Earl Jones. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.