https://jabar.times.co.id/
Wisata

Stone Garden Geopark, Bekas Danau Purba di Bandung Barat yang Cocok untuk Syuting

Senin, 22 Juli 2024 - 11:21
Stone Garden Geopark, Bekas Danau Purba di Bandung Barat yang Cocok untuk Syuting Stone Garden Geopark di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat kerap dipakai pra wedding atau syuting (Foto: Pesona Indonesia)

TIMES JABAR, BANDUNGStone Garden Geopark, atau oleh masyarakat sekitar di Kabupaten Bandung Barat lebih dikenal dengan nama Taman Batu Padalarang, adalah adalah sebuah bukit yang terdiri dari susunan batu, baik kecil maupun besar yang tersusun secara alami.

Diperkirakan, taman batu tersebut adalah bekas danau purbakala yang mengalami pendangkalan sehingga menjadi taman batu yang sangat indah. 

Lokasinya terletak di Desa Gunung Masigit, Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat di mana luas taman batu ini lebih dari 2 hektare.

Selain unik, di Stone Garden kita bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dari Puncak Panyawangan dengan ketinggian sekitar 700 mdpl. 

Untuk bisa mencapai lokasi ini, tentu membutuhkan kondisi fisik yang prima karena kita harus mendaki sekitar 1,5 kilometer lebih.

Stone-Garden-Geopark-2acdf4c38304a1584.jpgGerbang Stone Garden Geopark (Foto: Pesona Indonesia)

Di kawasan ini juga terdapat Gua Pawon yang berada tidak jauh dari Stone Garden. Selain keindahan stalaktit dan stalagmite, Goa Pawon merupakan lokasi situs purbakala, di mana telah ditemukan bekas kehidupan manusia-manusia purba.

Perlu diingat, di puncak Stone Garden tidak ada tempat untuk berteduh, jadi sebaiknya mulai mendaki ketika pagi hari dan turun sebelum pukul 12 siang atau pada sore hari sekaligus menikmati pemandangan matahari terbenam di sana.

Fasilitas di objek wisata juga terbilang lengkap dengan adanya gazebo, musala, warung makan, hingga area parkir kendaraan motor, mobil, truk dan bis. 

Untuk yang ingin mengunjungi Stone Garden, cuma perlu merogoh kocek sekitar Rp 10-15 ribu per orang, belum termasuk biaya parkir.  Sementara untuk yang berkemah atau camping dan melakukan foto pra wedding atau syuting video clip dikenakan tarif khusus.

Akses ke tempat ini mudah ditemukan, posisinya berada di jalur utama Padalarang – Cianjur. Bila dari arah Padalarang posisinya ada di sebelah kanan jalan dengan jarak sekitar 6-7 km dan sebaliknya bila dari arah Cianjur dan dari Cianjur jaraknya sekitar 38 km. 

Wisatawan tidak perlu khawatir, lokasi Stone Garden Geopark di Kabupaten Bandung Barat ini juga sudah ditandai dalam Google Maps untuk memudahkan pencarian. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.