https://jabar.times.co.id/
Wisata

Yuk Liburan ke Situ Ciburuy, Hanya 10 Menit dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang Lho

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:05
Yuk Liburan ke Situ Ciburuy, Hanya 10 Menit dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang Lho Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (Foto: Pesona Indonesia)

TIMES JABAR, BANDUNGSitu Ciburuy yang terletak di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat merupakan objek wisata air yang sering dijadikan masyarakat untuk berlibur.

Dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang hanya perlu waktu sepuluh menit untuk sampai di Situ Ciburuy. Sementara jarak ke Kota Bandung sekitar 13 kilometer dan ke Kabupaten Cianjur 37 kilometer.

Situ Ciburuy pada mulanya adalah dua buah sungai kecil yang ujungnya bertemu di Desa Ciburuy. Tahun 1918, lokasi pertemuan kedua sungai itu dibendung. Lalu airnya diatur untuk mengairi sawah-sawah desa.

Situ-Ciburuy-a.jpg

Semakin lama, bendungan ini airnya makin tinggi dan menggenangi wilayah seluas 15 hektare. Tapi tanah tertinggi di tengah-tengah danau tidak tergenang, yang kemudian membentuk sebuah pulau mungil. 

Mayarakat setempat di Bandung Barat pun memberinya nama Situ Ciburuy. Situ artinya danau, sedangkan Ciburuy adalah satu-satunya nama Desa di daerah tersebut.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di sini adalah berperahu mengelilingi situ dan singgah ke pulau kecil di tengah Situ Ciburuy. Selain itu ada kulineran hingga pengunjung bisa juga memancing ikan.

Harga tiket masuk sendiri dikenakan biaya sebesar Rp 7.500. Sedangkan mengarungi Situ Ciburuy dikenakan tarif dari Rp 15.000 hingga Rp 75.000, tergantung wahana yang dipakai.

Situ-Ciburuy-b.jpg

Situ ini pernah dibiarkan terbengkalai sampai akhirnya pada saat ini pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat didukung oleh Pemprov Jawa Barat melakukan revitalisasi menjadi objek wisata unggulan. 

Tertarik? Situ Ciburuy berada di tepi jalan raya Bandung-Cianjur sehingga memudahkan bagi yang hendak mengunjungi. Lokasi objek wisata di Kabupaten Bandung Barat ini pun sudah ditandai dalam Google Maps lho. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.