https://jabar.times.co.id/
Berita

Gebyar Apresiasi Merdeka, Upaya Bapenda Majalengka Optimalkan Capaian Pajak

Senin, 09 September 2024 - 20:24
Gebyar Apresiasi Merdeka, Upaya Bapenda Majalengka Optimalkan Capaian Pajak Bapenda Majalengka menggelar gebyar apresiasi merdeka. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – Dalam upaya memaksimalkan pendapatan daerah dari Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), Bapenda Majalengka, Jawa Barat, menggelar acara bertajuk "Optimalisasi Pajak Daerah dan Gebyar Apresiasi Merdeka".

Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi menekankan pentingnya inovasi dalam pengelolaan pajak, mengingat PBB-P2 merupakan kontributor utama dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Majalengka.

"Untuk mencapai target PAD dari PBB, kita perlu menciptakan daya tarik agar masyarakat membayar pajak tepat waktu. Insentif seperti hadiah dapat menjadi motivasi tambahan," kata Dedi Supandi, Senin (9/9/2024).

Dedi juga menyoroti dampak positif dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) terhadap potensi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

"Program PTSL memungkinkan kami untuk mendeteksi piutang setelah transaksi jual beli atau pelepasan tanah," jelasnya.

Untuk itu, maka ia mendorong Bapenda Majalengka untuk terus bekerjasama dengan BPN, notaris, PPAT serta kejaksaan dalam penanganan pajak.

Plt Kepala Bapenda Rachmat Gunandar, menambahkan bahwa Bapenda Majalengka telah memperkenalkan berbagai inovasi untuk mencapai target pajak, seperti program "Poin Ambyar", Pajak Online, Semut Pajak, Pesiar Online, Dedikasi, Si Pesat Hebat, Kecapi Merah dan Merpati.

Rachmat menyampaikan bahwa hingga Agustus 2024, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak telah mencapai Rp113 miliar, atau 65,1 persen dari target tahunan sebesar Rp172,8 miliar.

Sementara itu, untuk Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), dari target Rp61,6 miliar, telah terkumpul Rp45,76 miliar.

Pihaknya mengakui, meski telah ada berbagai upaya namun masih menghadapi kendala, seperti belum adanya peraturan turunan dari Perda yang sudah dibuat dan rendahnya kesadaran wajib pajak. 

"Kendala yang dihadapi dalam pencapaian target pajak salah satunya regulasi tentang Perda yang telah dibuat tapi belum ada turunan Perbubnya, selain itu kesadaran wajib pajak yang belum ada, walaupun sudah dibarengi dengan gebyar hadiah," tukas Rachmat.

Dalam acara yang digelar Bapenda Majalengka tersebut, Pj Bupati Dedi Supandi dan Pj Sekda Aeron Randi menyerahkan hadiah kepada pemenang pajak dan mengundi masyarakat yang telah membayar pajak tepat waktu. (*)

Pewarta : Hendri Firmansyah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.