https://jabar.times.co.id/
Berita

Survei SMRC: Tingkat Kepuasan Kinerja Pemerintahan Karna Sobahi Tinggi

Sabtu, 27 Juli 2024 - 13:27
Survei SMRC: Tingkat Kepuasan Kinerja Pemerintahan Karna Sobahi Tinggi Bupati Majalengka, periode 2018-2023, H Karna Sobahi. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – Survei Saeful Mujani Research dan Consulting (SMRC) mengungkap hasil survei tingkat kepuasan publik terhadap kinerja mantan Bupati Majalengka, H Karna Sobahi.

Survei tersebut menunjukan 83 persen masyarakat Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mengaku puas dengan kinerja pemerintahan, Karna Sobahi semasa jadi Bupati Majalengka periode 2018-2023.

Dalam data yang diterima TIMES Indonesia, pada Sabtu (27/7/2024) survei tersebut menjelaskan secara rinci, bahwa dari 83 persen masyarakat mengaku sangat puas dan cukup puas itu.

"Diantaranya menunjukkan 5 persen responden menyatakan sangat puas, 78 persen cukup puas, 10 persen kurang puas dan 0 tidak puas sama sekali," demikian bunyi laporan SMRC untuk tingkat kepuasan Karna Sobahi.

Selain Karna Sobahi, SMRC juga mengungkapkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja dua pejabat lainnya di Pemerintahan Kabupaten Majalengka.

Kedua pejabat itu, Tarsono D Mardiana sebagai Wakil Bupati Majalengka periode 2018-2023 dan Dedi Supandi yang saat ini sebagai Pj Bupati di Kabupaten Majalengka.

Untuk Tarsono D Mardiana, survei menunjukkan bahwa 2 persen responden menyatakan sangat puas, 70 persen cukup puas, 15 persen kurang puas dan 0 persen tidak puas sama sekali. Total tingkat kepuasan terhadap kinerjanya adalah 72 persen.

Sedangkan, untuk Penjabat (PJ) Bupati Majalengka Dedi Supandi, hasil survei mencatat 3 persen responden menyatakan sangat puas, 59 persen cukup puas, 20 persen kurang puas, dan 0 persen tidak puas sama sekali. Total tingkat kepuasan terhadap kinerjanya adalah 62 persen.

"Survei yang dilaksanakan pada Juni 2024 tersebut, untuk mengukur sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja mereka selama menjabat," tulis survei SMRC.

Selain itu, mengenai tujuan survei tersebut, juga untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan publik, sikap dan perilaku calon pemilih di Kabupaten Majalengka serta faktor-faktor penting lainnya.

"Survei ini juga dilakukan untuk mengetahui siapa di antara nama-nama tokoh Kabupaten Majalengka yang punya peluang paling kuat untuk menang dalam Pilkada jika diadakan saat ini," katanya.

Jadi Modal Maju Pilkada Majalengka 2024

Survei.jpg

Survei yang dirilis SMRC ini memberikan gambaran yang penting dalam menilai elektabilitas dan dukungan publik terhadap tokoh-tokoh yang berpotensi dalam konteks Pilkada di Kabupaten Majalengka.

Bahkan, sejumlah kalangan menilai, hasil survei tersebut juga menjadi modal kuat Karna Sobahi untuk maju lagi dalam Pilkada Majalengka yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Tokoh masyarakat, Arief Renaisant Karuni Jr menyebutkan, bahwa hasil survei ini juga sebagai tanda bahwa masyarakat Majalengka sangat puas terhadap kepemimpinan dan kinerja Karna Sobahi selama menjadi Bupati.

"Ini juga menunjukan bahwa kinerja beliau (Karna Sobahi) diterima secara baik oleh masyarakat Kabupaten Majalengka. Tingginya tingkat kepuasan ini, sehingga mencerminkan keberhasilan program-program Pak Karna Sobahi dalam memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat Majalengka," jelasnya. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.