https://jabar.times.co.id/
Berita

Tradisi Nadran Cirebon Resmi Diakui Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Sabtu, 07 September 2024 - 21:19
Tradisi Nadran Cirebon Resmi Diakui Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Sejumlah nelayan saat melaksanakan tradisi Nadran di wilayah pesisir Cirebon, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. (FOTO: ANTARA/Fathnur Rohman)

TIMES JABAR, CIREBON – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengumumkan bahwa tradisi sedekah laut atau Nadran kini telah resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh pemerintah daerah.

Penetapan ini menjadikan Nadran sebagai salah satu warisan budaya yang diakui di wilayah Jawa Barat. “Penetapan WBTB ini sudah dilakukan sejak Agustus 2024. Termasuk Nadran telah diakui oleh Jawa Barat sebagai WBTB dari Cirebon,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Cirebon, Sumarno, Sabtu (7/9/2024)

Ia menjelaskan bahwa dengan penetapan Nadran sebagai WBTB, pemerintah dapat lebih memfokuskan upaya pada pelestarian kebudayaan lokal. Tradisi Nadran yang rutin dilaksanakan oleh nelayan pesisir Cirebon ini merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil tangkapan laut yang melimpah setiap tahunnya.

Upacara adat Nadran melibatkan berbagai aktivitas masyarakat, termasuk arak-arakan, doa bersama, dan ritual pelarungan sesajen ke laut. Selain sebagai sarana pelestarian budaya, Nadran juga berfungsi sebagai momen berkumpul, gotong royong, dan memperkuat hubungan sosial di komunitas.

“Tradisi ini menjadi cara bagi masyarakat, khususnya generasi muda untuk mengenal dan mencintai kekayaan budaya yang ada di Cirebon,” tambah Sumarno.

Selain Nadran, pemerintah Kabupaten Cirebon juga telah mengakui kuliner Empal Gentong sebagai WBTB. Penetapan ini menambah daftar warisan budaya Cirebon, yang sebelumnya sudah mencakup Nasi Jamblang, Kerupuk Melarat, dan seni Bray.

Sumarno berharap dengan penetapan ini, kebudayaan lokal dapat lebih maju dan mendapatkan dukungan dari pemerintah serta masyarakat. Pemerintah Kabupaten Cirebon berkomitmen untuk melestarikan, memanfaatkan, dan mengembangkan kebudayaan lokal sebagai bagian dari upaya memajukan sektor pariwisata daerah.

Melalui berbagai festival budaya di setiap kecamatan, pihaknya ingin menonjolkan keunikan dan kearifan lokal yang ada di masyarakat. Ini juga akan memperkuat posisi Cirebon sebagai pusat budaya dan tradisi di Jawa Barat.(*)

Pewarta : Antara
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.