https://jabar.times.co.id/
Ekonomi

Populasi Lansia di Jepang Capai 29,3 Persen, Ini Rekor Tertinggi

Senin, 16 September 2024 - 16:37
Populasi Lansia di Jepang Capai 29,3 Persen, Ini Rekor Tertinggi Warga tampak berjalan di area distrik Ginza di Tokyo, pada 16 September 2024. (Foto: AFP/Philip Fong/Voa Indonesia)

TIMES JABAR, JAKARTA – JAKARTA - Populasi lanjut usia (lansia) di Jepang mencetak rekor baru, mencapai 36,25 juta jiwa pada 2023. Ini menjadikan Jepang sebagai salah satu negara dengan laju penuaan tercepat di dunia, di mana 29,3 persen dari total penduduknya kini berusia 65 tahun ke atas.

Data ini dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang pada Minggu (15/9/2024).

Jepang Menjadi Negara dengan Populasi Lansia Terbesar di Dunia

Dengan proporsi penduduk lanjut usia yang tinggi, Jepang menduduki peringkat pertama di antara 200 negara dan kawasan yang memiliki populasi lebih dari 100.000 jiwa. Negara-negara Eropa seperti Italia, Portugal, Yunani, dan Jerman juga termasuk dalam daftar 10 besar dengan angka lebih dari 20 persen penduduk lanjut usia. Sementara itu, Korea Selatan mencatatkan 19,3 persen dan China dengan 14,7 persen.

Meningkatnya jumlah penduduk lanjut usia di Jepang memunculkan tantangan serius bagi ekonomi. Populasi lansia yang terus bertambah berkontribusi pada lonjakan biaya perawatan medis dan kesejahteraan, sementara jumlah tenaga kerja terus menurun. Hal ini memperberat beban ekonomi, mengingat semakin sedikitnya tenaga kerja produktif yang mampu membiayai kebutuhan kesejahteraan penduduk lansia.

Berdasarkan data terbaru, populasi Jepang secara keseluruhan telah menyusut sebesar 595.000 jiwa, sehingga total populasi negara tersebut kini hanya mencapai 124 juta jiwa. Penurunan ini semakin memperburuk krisis demografi yang tengah dihadapi Jepang.

Meskipun menghadapi tantangan penuaan populasi, data juga menunjukkan bahwa pada tahun 2023, terdapat 9,14 juta penduduk lansia yang masih aktif bekerja. Ini juga merupakan angka tertinggi sepanjang sejarah. Para lansia ini menyumbang 13,5 persen dari total tenaga kerja di Jepang, yang berarti satu dari tujuh pekerja di negara tersebut berusia 65 tahun atau lebih.

Upaya Pemerintah yang Belum Berhasil

Pemerintah Jepang telah berusaha keras untuk mengatasi penurunan populasi dan meningkatnya usia lanjut, namun sejauh ini belum ada langkah yang berhasil secara signifikan.

Kebijakan untuk mendorong kelahiran dan menahan laju penuaan penduduk masih menghadapi tantangan besar, terutama dalam menciptakan keseimbangan antara kebutuhan populasi yang menua dan keberlanjutan ekonomi jangka panjang. (*)

Pewarta : VOA Indonesia
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.