https://jabar.times.co.id/
Berita

PBB Tuntut Penyelidikan Penuh atas Pembunuhan Aktivis Turki-Amerika di Tepi Barat

Sabtu, 07 September 2024 - 23:17
PBB Tuntut Penyelidikan Penuh atas Pembunuhan Aktivis Turki-Amerika di Tepi Barat Juru bicara PBB Stephane Dujarric dalam sebuah konferensi pers. (FOTO: ANTARA/Anadolu/PY)

TIMES JABAR, JAKARTAPBB pada Jumat (6/9/2024) menyerukan dilakukan penyelidikan penuh dan pertanggungjawaban atas pembunuhan seorang aktivis warga Turki-Amerika, Aysenur Ezgi Eygi, oleh tentara Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat bagian utara.

Menanggapi pertanyaan Anadolu tentang apakah PBB mengutuk pembunuhan aktivis tersebut, juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan dalam konferensi pers: "Saya bisa mengatakan bahwa kami ingin melihat penyelidikan penuh atas keadaan ini dan orang-orang yang terlibat harus dimintai pertanggungjawaban."

"Seperti yang selalu kami katakan, warga sipil harus dilindungi setiap saat," tambahnya.

Ketika ditanya apakah ada pertanggungjawaban atas kematian personel PBB yang dibunuh oleh Israel, Dujarric mengatakan: "Kami belum melihat apa pun."

Ia menambahkan bahwa penyelidikan dan masalah pertanggungjawaban baru akan terjadi "setelah pertempuran berakhir." "Kami telah melihat beberapa langkah menuju pertanggungjawaban atas perlakuan buruk terhadap tahanan Palestina," katanya.

Peristiwa itu juga mendapat kecaman dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Sabtu, (7/9/2024).

Berbicara di sebuah acara di Istanbul, Erdogan mengatakan bahwa sekarang Israel bermaksud melakukan genosida di Tepi Barat dan Gaza dan menduduki wilayah tersebut juga.

"Kemarin, mereka (Israel) dengan kejam membunuh anak muda kita, Aysenur Ezgi Eygi. Hingga saat ini, mereka telah membunuh lebih dari 40 ribu warga sipil tak berdosa, termasuk 17 ribu anak-anak," kata Erdogan.

"Mereka menyerang secara biadab dan menumpahkan darah tanpa pandang bulu, baik itu anak-anak, perempuan, pemuda, maupun orang tua," tambahnya.

Presiden Erdogan mengatakan bahwa menentang terorisme negara Israel adalah tugas Islam dan juga masalah nasional. Erdogan juga menekankan bahwa inisiatif diplomatik baru Turki dengan Mesir bertujuan untuk membawa manfaat bagi Gaza dan Palestina.

Sebelumnya dilaporkan, seorang aktivis Turki-Amerika, Aysenur Ezgi Eygi, ditembak mati oleh pasukan Israel pada Jumat (6/9/2024) saat berpartisipasi dalam protes terhadap perluasan permukiman di kota Beita, dekat Nablus di Tepi Barat utara.

Laporan otopsi Eygi mengonfirmasi bahwa dia terbunuh oleh peluru penembak jitu Israel di kepala, kata gubernur Nablus Ghassan Daghlas pada Sabtu. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.