https://jabar.times.co.id/
Berita

Rumbah Anak Kopek, Kuliner Khas Indramayu yang Bikin Nagih

Sabtu, 11 Maret 2023 - 16:34
Rumbah Anak Kopek, Kuliner Khas Indramayu yang Bikin Nagih Kuliner Rumbah anak kopek makanan khas Indramayu yang makin digemari. (Foto: Selamet Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, INDRAMAYU – Makanan khas asli Indramayu yang satu ini, begitu memanjakan lidah penikmatnya, apalagi yang suka dengan kuliner pedas. Rumbah anak kopek jadi menu andalan saat lapar, dijamin bikin nagih.

Rumbah anak kopek terbuat dari beberapa sayuran yang sudah direbus matang. Rumbah atau Pecel Khas Indramayu ini mempunya cita rasa yang khas dari sambalnya, dan terdapat dua pilihan rasa sambal yang berbeda, yaitu sambal asem dan sambal kencur.

Isian rumbah anak kopek adalah kangkung, tauge, kol, semangen dan gendoyo. Lebih nikmati lagi ditambah dengan parutan kelapa atau rumbah urap.

Kuliner-Khas-Indramayu-2.jpg

Cara penyajian Rumbah Anak Kopek cukup mudah. Tinggal campurkan berbagai jenis sayuran ditambah lontong sesuai selera, lalu siram dengan sambal yang kita inginkan ada sambal asem dan sambal kencur. Lebih nikmat ditambah sedikit gorengan dan kerupuk.

Menurut Ambar Wati dirinya berjualan rumbah anak kopek mengikuti jejak orang tua yang puluhan tahun sudah  jualan rumbah yang berlokasi di Desa Tegalurung Kecamatan Balongan Indramayu.

"Saya berjualan rumbah mengikuti jejak orang tua saya yang sebelumnya berjualan rumbah khas Indramayu ini. Alhamdulilah pembelinya makin ramai apalagi di hari libur," katanya kepada TIMES Indonesia, Sabtu (11/3/2023).

Untuk satu porsi rumbah anak kopek dijual dengan harga Rp5 ribu saja. Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, tidak cuman rumbah ada berbagai jenis menu masakan yang ia jual.

Kuliner-Khas-Indramayu-3.jpg

"Menu yang jadi favorit dan paling dicari adalah rumbahnya, kata pelanggan sih, rasa sambalnya yang bikin beda, ditambah lagi disini menjual segala jenis masakan," ucapnya.

Lilis, salah satu pelanggan setia asal Lemahmekar Indramayu mengatakan sangat menggemari kuliner rumbah anak kopek ini. Dirinya mengaku hampir setiap Minggu selalu datang ke warung rumbah anak kopek.

"Rasa rumbahnya enak banget apalagi rumbah urabnya bikin nagih. Saya lebih suka pakai sambal kencur ditambah sedikit lontong dan campuran gorengan bikin mantap," ujar Lilis. (*)

Pewarta : Selamet Hidayat (MG-417)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.