https://jabar.times.co.id/
Berita

KAI Daop 2 Bandung Terapkan Rekayasa Perjalanan KA Akibat Gangguan KA Argo Bromo Anggrek, Penumpang Bisa Refund 100%

Jumat, 01 Agustus 2025 - 22:09
KAI Daop 2 Bandung Terapkan Rekayasa Perjalanan KA Akibat Gangguan KA Argo Bromo Anggrek, Penumpang Bisa Refund 100% Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardojo saat berada di ruang Pengatur Perjalanan Kereta Api Bandung, Jumat (1/8/2025) (FOTO: Humas Daop 2 Bandung)

TIMES JABAR, BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung (KAI Daop 2 Bandung) menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan akibat terganggunya sejumlah perjalanan kereta api. Gangguan ini disebabkan oleh insiden pada perjalanan KA Argo Bromo Anggrek yang saat ini masih dalam penanganan oleh tim teknis PT KAI Daop 3 Cirebon.

Menurut update terakhir yang diterima hingga pukul 21.00 WIB, sejumlah perjalanan KA yang melintasi wilayah Daop 2 Bandung harus mengalami perubahan jalur dengan rekayasa pola operasi memutar, baik untuk KA yang berangkat dari Daop 2 maupun KA dari daerah operasi lain yang melintasi wilayah ini.

KA Berangkat dari Daop 2 Bandung yang Dialihkan Rutenya

Berikut daftar kereta api yang mengalami pengalihan rute dari wilayah Daop 2 Bandung:
KA Ciremai dengan relasi Bandung – Semarang Tawang Bank Jateng

KA Harina dengan relasi Bandung – Surabaya Pasarturi, yang dijadwalkan berangkat dari Stasiun Bandung pukul 21.35 WIB, dialihkan dengan jalur memutar melalui Kroya.  KA dari Daop Lain yang Dialihkan Melalui Jalur Daop 2 Bandung.

Selain itu, sejumlah kereta api dari Daop lain juga dialihkan rutenya melalui wilayah Daop 2 Bandung akibat kejadian ini:

1. KA Tawang Jaya Premium (Semarang Tawang Bank Jateng – Pasarsenen)

2. KA Brawijaya (Gambir – Malang)

3. KA Argo Anjasmoro (Surabaya Pasarturi – Gambir)

4. KA Argo Sindoro (Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir)

5. KA Brantas (Pasarsenen – Blitar)

6. KA Gaya Baru Malam Selatan (Surabaya Gubeng – Pasarsenen)

7. KA Argo Muria (Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir)

8. KA Bangunkarta (Jombang – Pasarsenen)

9. KA Senja Utama Yogya (Yogyakarta – Pasarsenen)

10. KA Airlangga (Surabaya Pasarturi – Pasarsenen)

Sebagai bentuk tanggung jawab dan pelayanan kepada pelanggan, KAI Daop 2 Bandung memberikan opsi pembatalan tiket dengan pengembalian dana 100% bagi penumpang yang terdampak dan memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanannya.

“Penumpang yang hendak membatalkan perjalanannya akibat pengalihan rute ini dapat melakukan proses pembatalan di stasiun keberangkatan. Biaya tiket akan dikembalikan 100% sesuai harga yang tertera, dan proses ini berlaku hingga 7 x 24 jam setelah kejadian,” ujar Humas PT KAI Daop 2 Bandung.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai status perjalanan dan bantuan layanan pelanggan, penumpang dapat mengakses berbagai kanal resmi yang disediakan oleh KAI, di antaranya: melalui Call Center KAI 121 melalui telepon di nomor (021)121, Layanan WhatsApp di nomor 0811-1211-1121, Email resmi: [email protected] dan Media Sosial: akun resmi Instagram, X (Twitter), dan Facebook di @kai121

PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkomitmen untuk terus mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan kepuasan pelanggan. Penanganan insiden di wilayah Daop 3 Cirebon yang mengganggu perjalanan KA Argo Bromo Anggrek sedang dilakukan dengan maksimal oleh tim teknis di lapangan.

KAI juga mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk selalu memperbarui informasi perjalanan dan memperhatikan pengumuman resmi dari KAI sebelum melakukan perjalanan. (*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.