https://jabar.times.co.id/
Berita

KA Lodaya Hadirkan Kereta Generasi Baru untuk Kenyamanan Perjalanan Bandung-Solo

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 14:07
KA Lodaya Hadirkan Kereta Generasi Baru untuk Kenyamanan Perjalanan Bandung-Solo Flyer perubahan sarana Kereta Api Lodaya dengan menggunakan kereta stainless stell new generation. (FOTO: Dok. PT. KAI Daops 2 Bandung/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus berinovasi untuk meningkatkan layanan kepada penumpang. Kali ini, PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung memperkenalkan KA Lodaya dengan kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation yang mulai dioperasikan pada Sabtu (1/9/2024). Kereta api ini melayani rute Bandung – Solo Balapan PP, menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan aman.

KA Lodaya (94) dengan kereta generasi baru ini berangkat dari Stasiun Bandung pada pukul 19.00 WIB dan tiba di Stasiun Solo Balapan pada pukul 03.00 WIB. Kehadiran kereta ini diharapkan dapat memberikan peningkatan kualitas perjalanan bagi para penumpang setia KA Lodaya.

Kereta Stainless Steel New Generation merupakan bagian dari proyek pengadaan 612 unit kereta oleh PT KAI melalui PT INKA (Persero) untuk periode 2023-2026. Proyek ini adalah langkah besar dalam modernisasi armada kereta api KAI dengan teknologi terkini.

kai-q.jpg

Manager Humas Daerah Operasi 2 Bandung, Ayep Hanapi, menyatakan bahwa pengoperasian kereta ini merupakan bukti nyata peningkatan layanan KAI.

"Sebelumnya, kami juga telah mengoperasikan Kereta Eksekutif New Generation pada KA Lodaya relasi Bandung-Solo Balapan sejak 2 Mei 2024," ujar Ayep dalam siaran pers yang diterima TIMES Indonesia, Sabtu (31/8/2024).

Kereta Stainless Steel New Generation menawarkan berbagai keunggulan yang meningkatkan kenyamanan perjalanan. Pintu kereta kini menggunakan pintu elektrik otomatis yang lebih mudah digunakan dan senyap. Selain itu, kereta ini dilengkapi dengan Passenger Information Display System (PIDS) di setiap gerbong, memberikan informasi real-time tentang stasiun terdekat, kecepatan kereta, dan suhu ruangan.

Peningkatan juga dilakukan pada aspek keamanan dan kenyamanan. Jendela kereta kini menggunakan tempered double glass yang lebih tahan panas dan mampu mereduksi kebisingan. Setiap kursi dilengkapi dengan USB charger port dan stop kontak untuk memudahkan penumpang mengisi daya perangkat elektronik mereka.

kai.jpg

"Khusus di toilet, kami menambahkan keran untuk memudahkan penumpang berwudu, dan di toilet wanita terdapat meja lipat untuk mengganti popok bayi," jelas Ayep, menambahkan keunggulan lain dari kereta ini.

Kereta makan pada rangkaian ini juga mengalami pembaruan, dengan interior yang lebih mewah dan didominasi oleh sentuhan kayu serta furnitur premium. "Upgrade kenyamanan kereta ini adalah upaya kami untuk terus memanjakan pelanggan saat melakukan perjalanan menggunakan kereta api," tutup Ayep.

Dengan kehadiran KA Lodaya dengan Kereta Stainless Steel New Generation ini, PT KAI berharap dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih berkesan dan memenuhi kebutuhan penumpangnya di era modern ini. Inovasi ini menjadi bukti komitmen KAI dalam mendukung pengembangan transportasi publik yang lebih baik dan berkelanjutan di Indonesia.(*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.