TIMES JABAR, TASIKMALAYA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mencatat sebanyak 123.092 pelanggan menggunakan layanan kereta api dengan keberangkatan dari wilayah Daop 2 Bandung selama periode libur panjang Kenaikan Isa Almasih 2025, yaitu sejak 28 Mei hingga 2 Juni 2025. Angka ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat terhadap moda transportasi kereta api sebagai sarana utama untuk bepergian di masa libur nasional.
Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo, dalam keterangannya menyampaikan bahwa seluruh perjalanan kereta api reguler telah dimaksimalkan, ditambah dengan operasional KA tambahan guna mengakomodasi kebutuhan masyarakat.
“Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan. Operasional perjalanan KA reguler maupun tambahan di Daop 2 Bandung berjalan lancar dan sesuai jadwal,” ujar Kuswardojo, Selasa (3/6/2025).
Menurut data resmi dari KAI Daop 2 Bandung, beberapa rute perjalanan yang menjadi favorit selama libur panjang ini antara lain Bandung – Gambir (Jakarta), Bandung – Yogyakarta, Kiaracondong – Kutoarjo, Kiaracondong – Lempuyangan dan Bandung – Surabaya Gubeng.
Sementara itu, lima stasiun utama pemberangkatan penumpang di wilayah Daop 2 Bandung mencatat jumlah pelanggan tertinggi selama periode tersebut, yaitu Stasiun Bandung: 29.667 pelanggan, Stasiun Kiaracondong: 17.299 pelanggan, Stasiun Tasikmalaya: 6.750 pelanggan, Stasiun Banjar: 3.790 pelanggan dan Stasiun Garut: 3.460 pelanggan.
Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa libur nasional, KAI Daop 2 Bandung mengoperasikan KA Lodaya Tambahan dan KA Parahyangan Fakultatif, yang terbukti efektif dalam mendistribusikan arus penumpang dari dan menuju wilayah Daop 2.
Selain itu, KAI juga melakukan pengawasan intensif di stasiun dan sepanjang jalur kereta, termasuk penambahan petugas, optimalisasi keamanan, serta peningkatan pelayanan penumpang di seluruh titik keberangkatan dan kedatangan.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya menggunakan kereta api sebagai transportasi pilihan. Komitmen kami adalah memberikan pelayanan terbaik dengan mengedepankan keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu,” tutup Kuswardojo. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: Libur Panjang Kenaikan Isa Almasih 2025, Daop 2 Bandung Layani 123.092 Penumpang
Pewarta | : Harniwan Obech |
Editor | : Deasy Mayasari |