TIMES JABAR, BANJAR – BPJS Kesehatan hadir untuk memberikan jaminan kesehatan nasional (JKN) bagi seluruh masyarakat Indonesia, hadirnya BPJS Kesehatan memberikan dampak yang baik dalam memberikan perlindungan kesehatan untuk manusia.
Alika Maulida Aprika (14) salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), remaja asal Banjar yang sedang dirawat di Rumah Sakit (RS) Banjar Patroman bercerita bahwa begitu mudahnya dirinya berobat hanya dengan menunjukan kartu peserta JKN digital yang ada di handphone-nya melalui aplikasi Mobile JKN.
menurut Alika semua prosedur di rumah sakit sangat mudah. “Kemudahan sebagai peserta JKN sudah saya dapatkan sejak lama, saya juga sangat bersyukur karena sudah terdaftar sebagai peserta JKN. Ketika saya datang ke RS Banjar Patroman, saya diberikan kemudahan dalam hal adimistrasi sampai dengan mendapatkan kamar untuk rawat inap. Hanya dengan menunjukan kartu digital yang ada di aplikasi Mobile JKN atau menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja, semuanya itu sudah sangat dipermudah,” tutur Alika, Jumat (19/9/2025).
Alika mengidap penyakit kekurangan cairan, dirinya sudah tiga hari dirawat di RS Banjar Patroman, saat ini keadaan Alika sudah membaik dan tinggal pemulihan saja.
“Alhamdulillah saat ini keadaan saya sudah membaik, jika saya tidak melakukan rawat inap disini, pasti saat ini saya akan merasa lemas sekali bahkan untuk mengangkat kaki saja harus dibantu oleh ibu. Saya sudah sering melakukan rawat inap di RS Banjar Patroman, kalau dihitung-hitung sudah enam kali saya dirawat,” ungkap Alika.
Alika juga menambahkan kalau dirinya sering datang ke RS Banjar Patroman untuk melakukan rawat jalan mengenai penyakitnya, karena kalau Alika tidak melakukan rawat jalan, dirinya tidak akan bisa beraktivitas seperti biasa.
“Seluruh rangkaian pengobatan sudah saya lalui di rumah sakit dan semuanya berjalan dengan lancar, semua biayanya sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan jadi saya tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Tenang rasanya mengetahui bahwa saya tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk pengobatan di rumah sakit hal ini dikarenakan saya sudah terdaftar sebagai peserta JKN dan rutin membayar iuran JKN setiap bulannya jadi kepesertaan saya akan selalu aktif,” ungkap Alika.
Alika bercerita kalau pelayanan di RS Banjar Patroman sangat bagus, petugas dan dokter yang memeriksa Alika memberikan pelayanan yang sangat memuaskan.
“Meskipun saya dari pasien BPJS Kesehatan tetapi saya diberikan pelayanan yang baik dan bagus, petugas memberikan perawatan yang bagus dan dokter juga memeriksa saya dengan sangat teliti. Saya ucapkan terima kasih banyak untuk petugas dan dokter di RS Banjar Patroman karena telah memberikan perawatan yang baik untuk saya. Untuk kedepannya saya berharap semoga BPJS Kesehatan terus menciptakan sistem kesehatan yang adil dan merata agar setiap orang bisa mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas tanpa memandang status sosial dan ekonomi,” kata Alika.
Program JKN akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, seperti fasilitas kesehatan yang bagus, ketersedian obat-obatan, dan alat kesehatan yang berkualitas.
Tujuan Program JKN yaitu untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat yaitu melalui jaminan biaya kesehatan yang baik dan bagus, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan biaya kesehatan yang tidak terduga.
“Saya ucapkan terima kasih banyak untuk BPJS Kesehatan karena sudah memberikan jaminan kesehatan untuk saya. Saya sendiri tidak dapat membayangkan kalau saat ini saya belum terdaftar sebagai peserta JKN mungkin saya akan merepotkan orang tua saya karena harus membayar biaya pengobatan yang besar,” tutup Alika. (*)
Pewarta | : Sussie |
Editor | : Hendarmono Al Sidarto |