https://jabar.times.co.id/
Berita

View Pulau Mandeh yang Cantik dan Terjaga, Raja Ampatnya Sumatera Barat

Kamis, 01 Agustus 2024 - 00:27
View Pulau Mandeh yang Cantik dan Terjaga, Raja Ampatnya Sumatera Barat Pulau Mandeh di Sumatera Barat. (Foto: Pesona Indonesia)

TIMES JABAR, PESISIR SELATAN – Di wilayah Timur tepatnya di Papua Barat Indonesia punya Raja Ampat. Sementara itu di wilayah Barat Indonesia memiliki kawasan Pulau Mandeh.

Kawasan Pulau Mandeh berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Jika dari kota Padang maka jaraknya sekitar 63 kilometer (km) ke arah selatan. 

Kawasan wisata Mandeh sendiri mempunyai area seluas 18.000 Ha dan meliputi 7 desa dari 3 nagari yang penduduknya bekerja sebagai nelayan, beternak dan bertani. 

Pantai di kawasan ini memiliki pasir putih lembut dan perairan yang jernih. Dari tepian pengunjung juga bisa memandang jejeran pulau-pulau kecil di seberang laut. Meski tak sebanyak di Raja Ampat, namun keindahannya tak kalah indah lho.

Pulau-Mandeh-2.jpg

Meski kawasan Pulau Mandeh sudah sangat indah ketika dinikmati dari area bibir pantainya, namun di destinasi wisata ini terdapat area pandang rahasia. 

Dari area pandang ini, pengunjung bisa menyaksikan sudut lain kawasan Pulau Mandeh dari ketinggian. Pengunjung lebih leluasa memandang ke lautan lepas dengan gradasi warna air yang begitu cantik.

Area pandang ini berada di sebuah perbukitan kecil yang terletak di tepi kawasan Pulau Mandeh. Di mana bukit ini memiliki ketinggian sekitar 70 mdpl. 

Area pandang ini dikenal juga dengan nama Puncak Mandeh, tempat terbaik untuk menikmati panorama lanskap kawasan Pulau Mandeh. 

Luas bukit ini hanya 0,3 ha, tak cukup luas namun bisa menampung pengunjung yang ingin menikmati keindahan Mandeh dari ketinggian. 

Pengunjung juga bisa menjajal beberapa atraksi permainan, salah satunya adalah donut boat. Di mana pengunjung akan menaiki pelampung berbentuk bulat seperti kue donat dan ditarik dengan boat. Pengunjung juga bisa menyewa kapal nelayan di Pantai Mandeh untuk berkeliling pulau di sekitar. 

Tak kalah menarik, di Pantai Mandeh pengunjung juga bisa diving dan snorkeling. Pemandangan bawah lautnya masih cantik dan terjaga.

Di kawasan Pulau Mandeh, banyak penginapan yang bisa menjadi alternatif untuk tempat bermalam. Didukung dengan fasilitas lengkap dan terletak sangat dekat dengan pulau yang akan memberi kenyamanan kepada setiap pengunjung. 

Fasilitas toilet sudah tersedia di kawasan Pulau Mandeh sehingga wisatawan tidak akan mengalami kesulitan saat ingin buang air kecil maupun besar. Toilet yang tersedia pun terjamin kebersihannya. 

Puas berjalan-jalan menyusuri kawasan Pulau Mandeh akan membuat perut terasa lapar. Tenang, nggak perlu bingung karena di kawasan ini tersedia warung makan yang menyuguhkan berbagai jenis makanan dan minuman beserta tempat duduk yang sangat nyaman.

Pulau-Mandeh-3.jpg

Memasuki kawasan ini tidak dikenakan biaya, pengunjung hanya dikenakan biaya apabila ingin mencoba menggunakan wahana wisata yang ada di kawasan tersebut, misalnya sewa kapal untuk keliling kawasan, wahana air, boat rental, dan lain-lain.  

Jika ingin menikmati keindahan Mandeh sekaligus menjajal berbagai wahana bermainnya, maka pengunjung bisa datang pagi hari agar tidak terlalu terik. 

Selain itu, pengunjung Pulau Mandeh juga punya waktu lebih banyak jika ingin menjelajah ke pulau sekitar. Tidak perlu khawatir, lokasi ini sudah ditandai dalam Google Maps. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.