https://jabar.times.co.id/
Berita

Wapres RI KH Ma'ruf Amin Resmikan 14 Ruas Jalan di Kepulauan Riau

Senin, 09 September 2024 - 21:44
Wapres RI KH Ma'ruf Amin Resmikan 14 Ruas Jalan di Kepulauan Riau Wapres RI KH Ma’ruf Amin saat meresmikan 14 ruas jalan yang dibangun sepanjang 76 km melalui IJD yang tersebar di enam kabupaten/kota di Provinsi Kepri pada Senin (9/9/2024). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES JABAR, TANJUNG PINANGWapres RI KH Ma’ruf Amin meresmikan 14 ruas jalan yang dibangun sepanjang 76 km melalui Inpres Jalan Daerah (IJD) yang tersebar di enam kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada Senin (9/9/2024).

Peresmian ini dilakukan bersamaan dengan peresmian Pasar Baru Tanjung Pinang (Encik Puan Perak). “Selain pasar, Pemerintah juga fokus pada pembangunan infrastruktur jalan demi peningkatan produktivitas ekonomi daerah dan konektivitas antar wilayah. Hal ini merupakan cerminan komitmen pemerintah dalam mendukung kemajuan ekonomi daerah-daerah di Indonesia” ujar Wapres RI KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Menurut Wapres RI, pemerintah melalui Proyek Inpres Jalan Daerah yang dimulai pada tahun 2023, telah menyediakan alokasi APBN untuk perbaikan jalan kawasan produksi dan industri.

“Tahun 2024 ini pemerintah telah mengalokasikan Rp15 triliun untuk pembangunan Inpees Jalan Daerah. Saya harapkan pemerintah dapat membangun lebih banyak jalan penghubung antar wilayah di Indonesia, termasuk di Provinsi Kepulauan Riau,” lanjut Wapres Ma’ruf Amin. “Pembangunan jalan daerah ini juga diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas masyarakat, sehingga pemerataan kesejahteraan sosial di seluruh pelosok Indonesia dapat terwujud," tambahnya.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menambahkan bahwa total anggaran untuk pembangunan jalan daerah di Provinsi Kepri mencapai Rp532 miliar. Pembangunan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada aktivitas perekonomian masyarakat serta meningkatkan indikator kualitas jalan di Kepri.

Jalan-Riau-PUPR.jpg

“Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kepri ini, tentunya berdampak positif pada aktivitas perekonomian masyarakat. Indikator jalan dalam kondisi baik di Kepri meningkat sebesar 0,16 persen, dari 80,62 persen pada tahun 2022 menjadi 80,78 persen pada tahun 2023. Kami sangat berterima kasih atas dukungan Pemerintah Pusat dalam pembangunan infrastruktur di daerah kami,“ ucap Ansar Ahmad.

Sebagai informasi, 14 ruas jalan daerah yang telah diselesaikan Kementerian PUPR RI melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepulauan Riau yakni di Kota Tanjungpinang meliputi Jalan Panglima Dompak dan Jalan Jaya Kelana, Jalan Kampung Nusantara dan Jalan Sri Andana- Jalan Cendrawasih. Kemudian di Kabupaten Bintan yaitu Jalan Lintas Barat Lanjutan CS, di Kabupaten Karimun meliputi Jalan Tg Batu – Sawang, Jalan Sebele-Sei Asam, dan Jalan Pemuda.
 
Selanjutnya di Kabupaten Lingga meliputi Jalan SP. Marok Tua-Marok Tua, Jalan SP. Kuwit-Lundang, Jalan SP Marok Kecil – Resang. Di Kabupaten Kepulauan Anambas yaitu di Jalan Rewak-Sedanau-Padang Melang.

Kemudian di Kabupaten Natuna meliputi Jalan Lingkar Sabang-Mawang, Jalan Pantai Sisi, Jalan Lingkar Serasan, dan Jalan Pantai Sisi-Jermalik.

Dengan pelaksanaan proyek ini, pemerintah berharap dapat memperkuat konektivitas dan meningkatkan kesejahteraan sosial di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Provinsi Kepulauan Riau.

Turut hadir dalam peresmian Direktur Kepatuhan Intern Bina Marga, Vincentius Untoro Kurniawan. (*)

 

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.