https://jabar.times.co.id/
Gaya Hidup

Catat! Ini Tips Merawat Tshirt Band Agar Tak Mudah Rusak

Minggu, 01 Januari 2023 - 00:09
Catat! Ini Tips Merawat Tshirt Band Agar Tak Mudah Rusak Sejumlah tshirt band dari berbeda musisi di dunia. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, JAKARTA – Memakai tshirt band original tentunya akan membuat pemakainya semakin keren. Tshirt band original kesayangan yang kita beli, menjadi berkontribusi untuk kemajuan band yang kita suka. 

Tshirt band pun bisa juga menjadi investasi, jika tshirt yang kita miliki sudah menjadi tshirt langka dan tidak di produksi ulang. Kemungkinan tshirt band yang kita miliki ditawar dengan harga yang cukup fantastis.

Sudah banyak bahwa tshirt band ini bisa menjadi nilai ekonomi yang cukup tinggi dan bisa menjadi investasi. Apalagi, kita memiliki tshirt band yang punya nilai histori ataupun tshirt band legenda yang tak produksi lagi.

Ada yang bernilai dari harga sejutaan hingga bernilai puluhan juta. Seperti halnya tshirt band legenda, yakni Pink Floyd, Nirvana, Queen, Genesis, Testamen, AC/DC hingga Metallica.

Nah agar kita bisa menjaga nilai jual tshirt band meski sudah berumur tahunan tetap bagus dan layak digunakan, kita harus merawat secara khusus untuk bisa menjaganya.

Mulai dari pencucian, penyetrikaan, penjemuran hingga penempatan harus kita perhatikan dengan baik agar tshirt band kita tak mudah rusak dan awet meski berumur tahunan. Kali ini, TIMES Indonesia akan membagikan tips cara merawat tshirt band agar tak mudah rusak, diantaranya:

Pisahkan Cucian Gelap dan Terang

Jika akan memulai mencuci tshirt band, diharapkan agar memisahkan tshirt yang gelap dan terang, seperti tshirt band berwarna hitam, putih dan berwarna gelap dan berwarna terang. 

Langkah ini dilakukan agar menghindari lunturnya warna tshirt band anda meluber ke tshirt band lain dan tentunya untuk menjaga agar kualitas warna tshirt band tetap terjaga dengan baik.

Jangan Gunakan Mesin Cuci

Cara terbaik untuk mencuci tshirt band adalah dengan cara manual atau dengan tangan kita sendiri dan kucek seperlunya saja. Jika memakai mesin cuci, ditakutkan tshirt band kesayangan kita akan menjadi melar hingga sablonan tshirt band itu sendiri di baju akan rusak.

Hal ini tentunya perlu kita perhatikan agar kita tetap menjaga kualitas tshirt band kita, dari sablon hingga kain. Jadi bukan hanya soal warna saja.

Rendam Cucian dengan Air Dingin Selama 30 Menit

Hanya dibutuhkan waktu selama 30 menit untuk merendam tshirt band dan usahakan tidak terlalu lama atau harus tepat selama 30 menit saja. Kemudian usahakan juga dengan air dingin, hindari merendam kaos dengan panas jika tidak bernoda. 

Hal ini dilakukan guna menjaga warna tshirt band kalian tetap awet dan tak mudah luntur atau membekas. Ini dilakukan agar tshirt band kita tetap bernilai tinggi atau bisa dipandang tetap bagus meski berumur tahunan.

Hindari Pemakaian Pemutih Saat Mencuci Tshirt Band

Hindari mencuci tshirt band kalian dengan menggunakan pemutih pakaian. Hal ini dikarenakan bakal bisa merusak warna tshirt band menjadi cepat pudar, Sablonan akan terkelupas dan membuat tekstur kain menjadi kasar.

Sebab, pemutih pakaian atau saat kita menggunakannta berlebih, bukan hanya tshirt band saja, pakaian lain tentunya juga akan rusak, karena terdapat zat tertentu yang berdampak tidak baik terhadap pakaian kita.

Jemur Tshirt Band dengan Cara Terbalik dan Jangan Terkena Langsung Sinar Matahari

Biasakan selalu saat menjemur tshirt band, jemurlah secara terbalik (membalik kaos dengan posisi sablon atau gambar di dalam) dan jangan terkena sinar matahari langsung. 

Hal ini dikarenakan saat kita menjemur langsung dibawah sinar matahari tshirt band kita akan menjadi kusam san konsistensi warna akan menurun serta bisa merusak sablon tshirt band kita. 

Jangan Sembarangan Menyetrika Tshirt Band

Jika hendak menyetrika tshirt band, lebih baik jangan setrika bagian luarnya, karena akan terkena sabolanan dari tshirt band kita. Justru, lebih bagus jika kita menyetrika tshirt band dengan posisi sablon di dalam. Hal ini dilakukan agar tidak merusak sablon tshirt band, jika rusak nilai jual atau harganya tentu akan menurun. 

Jangan Jadikan Tshirt Band Sebagai Baju Tidur

Jika kita ingin menggunakan tshirt band dimanapun kapanpun, itu tidak masalah. Akan tetapi, jangan sekali-kali kita memakai tshirt band untuk tidur. Sebab, saat kita tidur tubuh kita berkeringat, sehingga tshirt band kita akan menjadi lebih kusam dan kotor. 

Di tambah lagi, pola tshirt band kita akan cepat berubah, karena kondisi di saat kita tidur tidak bisa di prediksi posisinya.

Sekian tips yang harapannya bisa berguna untuk para pecinta tshirt band agar saat dipraktikan, kita bisa lebih menjaga tshirt band kesayangan kita dan saat kita menjual akan bernilai tinggi nantinya.

Semoga, dengan tips merawat Tshirt band ini, nantinya bisa lebih awet, tak mudah rusak meski sudah kalian miliki hingga usia tahunan. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.