https://jabar.times.co.id/
Berita

RI-Arab Saudi Mulai Bahas Pelaksanaan Ibadah Haji 2025

Senin, 16 September 2024 - 11:02
Menag Yaqut Bahas Pelaksanaan Haji 2025 bersama Menteri Haji Arab Saudi Pertemuan antara Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas (kiri) dengan Menteri Haji dan Umrah Tawfiq F Al Rabiah dalam kunjungan ke Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Kerajaan Arab Saudi, Minggu (15/9/2024). (FOTO: ANTARA/HO-Kemenag RI)

TIMES JABAR, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas membahas pelaksanaan ibadah haji 2025 bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al Rabiah.

Juru bicara Kementerian Agama, Sunanto, dalam keterangan pers Senin (16/9/2024) mengatakan pertemuan ini dilakukan di Kantor Kementerian Haji dan Umrah di Jeddah, Arab Saudi.

"Menag Yaqut bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al Rabiah, di kantornya di Jeddah. Mereka membicarakan langkah awal persiapan penyelenggaraan haji tahun 1446 H atau 2025 M," ujar Sunanto.

Sunanto, yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, menjelaskan bahwa diskusi juga mencakup kesiapan dalam menyambut jamaah haji asal Indonesia serta memastikan pelayanan dengan standar terbaik.

Ia menambahkan, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan pembenahan dan penambahan fasilitas demi meningkatkan kenyamanan para jamaah haji dan umrah.

"Menteri Tawfiq menyampaikan kepada Gus Men (sapaan akrab Yaqut Cholil Qoumas) bahwa seluruh upaya ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi para jamaah haji dan umrah," kata Nanto.

Mengenai kuota haji, Nanto menyebut bahwa kuota haji tahun 1446 H/2025 M untuk negara-negara pengirim jamaah telah dibahas dalam acara Malam Tasyakuran Penutupan Penyelenggaraan Haji tahun 1445 H pada Juni lalu, di mana Indonesia kembali memperoleh kuota sebesar 221.000 jamaah.

Menteri Haji Arab Saudi juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dengan Indonesia selama penyelenggaraan haji tahun 2024.

"Yaqut Cholil Qoumas dinilai sebagai Menteri Agama yang berhasil menjalin komunikasi dan konsolidasi dengan baik bersama pihak Arab Saudi," tambahnya. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.