https://jabar.times.co.id/
Berita

Pesona Channa Auranti, Ikan Bermotif Elok yang Populer di Indonesia.

Jumat, 04 Maret 2022 - 09:39
Pesona Channa Auranti,  Ikan Bermotif Elok yang Populer di Indonesia. Ikan Channa Auranti sedang populer dikalangan penghobi ikan gabus hias (foto: instagram/largemouthfish)

TIMES JABAR, JAKARTA – Trend dunia aquatic sedang diramaikan oleh ikan gabus hias yang dikenal dengan nama Channa atau kebanyakan orang juga menyebutnya dengan snakehead. Dijuluki snakehead karena bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular.

Ikan Channa juga termasuk golongan ikan predator. Namun, ikan channa berbeda dengan ikan jenis predator lainnya yang menonjolkan sisi agresivitasnya. Selain dinilai dari sisi keagrefitasnya tersebut, mahal murahnya ikan channa juga dipengaruhi oleh warna dan motif pada tubuhnya yang bisa menyejukkan mata pemiliknya.

Nama Channa sendiri merupakan sebuah genus dari keluarga Channidae yang memiliki puluhan spesies dan tersebar di Benua Asia termasuk Channa Auranti yang berasal dari India.

Ikan Channa Auranti ini memiliki corak warna orange kebiruan di tubuhnya. Karena keelokan corak warnanya ditambah lagi dengan sifat tempramennya itulah yang membuat harga dari ikan yang berasal dari India ini relatif tinggi. Bahkan, untuk ukuran diatas 25 cm dibanderol dengan kisaran harga satu juta rupiah.

Di Indonesia, Ikan ini tergolong koleksi ikan yang mewah setelah Channa Barca. Meski, merupakan ikan golongan elit, Channa Auranti tidak membutuhkan perawatan yang istimewa karena ikan ini dapat bertahan diperairan yang memiliki kadar oksigen rendah sekalipun mengingat pernafasannya menggunakan insang dan labirin.

Channa Auranti cukup diberi pakan hidup seperti ikan-ikan kecil. Namun, agar tidak bosan dan untuk menunjang perubahan warnanya agar lebih mempesona, ikan Channa Auranti dapat diberi makan jangkrik atau potongan udang. (*)

Pewarta : Hamdan Khoiru Abdillah (MG-401)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.