https://jabar.times.co.id/
Berita

Lanud Wiriadinata dan Pemkot Tasikmalaya Gelar Kejurda Grasstrack dan Dragbike IMI Jabar 2024

Senin, 14 Oktober 2024 - 19:14
Lanud Wiriadinata dan Pemkot Tasikmalaya Gelar Kejurda Grasstrack dan Dragbike IMI Jabar 2024 Seorang peserta saat melakukan jumping dilintasan Grasstrack Lanud Wiriaditana, Tasikmalaya Minggu (12/10/2024). (FOTO: Pen Lanud Wiriadinata for TIMES Indonesia) 

TIMES JABAR, TASIKMALAYALanud Wiriadinata, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya dan Pengurus Cabang Ikatan Motor Indonesia atau IMI Kota Tasikmalaya, sukses menyelenggarakan dua kejuaraan daerah otomotif bergengsi. 

Pada 12-13 Oktober 2024, dua event besar, yaitu Final Kejurda Grasstrack IMI Jabar Putaran 3 dan Kejurda Dragbike IMI Jabar Putaran 4, digelar bersamaan di kawasan Lanud Wiriadinata. 

Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 TNI dan Hari Jadi Kota Tasikmalaya yang ke-23.

Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Taufik Agus Hidayat, dalam sambutannya saat membuka acara, mengungkapkan kebanggaannya terhadap suksesnya penyelenggaraan dua kejuaraan otomotif tersebut. 

“Hari ini kita menyaksikan momen bersejarah, dua event otomotif besar diselenggarakan secara bersamaan: Kejurda Grasstrack dan Dragbike. Ini bukan hanya sejarah untuk Tasikmalaya dan Jawa Barat, tetapi juga untuk Indonesia," ujar Letkol Pnb Taufik, Senin (13/10/2024) 

Ia juga menyoroti pentingnya mengembalikan kejayaan Lanud Wiriadinata sebagai pusat otomotif, terutama roda dua, yang pernah berjaya di Tasikmalaya belasan tahun lalu. 

“Lanud Wiriadinata memiliki sejarah panjang dalam mendukung kemajuan otomotif. Kami ingin memberikan ruang kepada generasi muda untuk menyalurkan hobi mereka dengan aman dan menjauhkan mereka dari balap liar yang membahayakan,” tegasnya.

Selain upaya menghidupkan kembali semangat otomotif, Letkol Pnb Taufik Agus Hidayat berharap bahwa ajang Kejurda ini dapat menjadi sarana yang positif bagi para pembalap muda. 

“Kami ingin kegiatan seperti ini tidak hanya mencegah balap liar, tetapi juga menjadi ajang kompetisi yang sehat dan profesional bagi para pembalap muda. Harapannya, dari sini akan lahir atlet-atlet berprestasi yang bisa membawa nama baik Tasikmalaya, Jawa Barat, bahkan Indonesia di tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya.

Pj. Walikota Tasikmalaya Dr. Cheka Virgowansyah yang  turut hadir dalam kejuaraan menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan event ini. 

“Saya sangat terkesan dengan acara ini yang menampilkan banyak pembalap muda berbakat. Harapan saya, kegiatan ini dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap dunia otomotif, dan menjadi alternatif positif dibandingkan balapan liar di jalanan. Dengan adanya arena yang aman seperti ini, kita tidak hanya dapat merasakan adrenalin balapan, tetapi juga berpeluang meraih prestasi. Mari kita dukung perkembangan olahraga otomotif di Tasikmalaya,” ujar Cheka.

Sementara itu Ketua Pengcab IMI Kota Tasikmalaya, H. Tantan, mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya acara ini.

“Tentunya kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Danlanud Wiriadinata yang telah mendukung penuh kegiatan ini. Fasilitas arena olahraga otomotif di Lanud Wiriadinata ini sangat berarti bagi kami insan otomotif Kota Tasikmalaya yang ingin mengarahkan generasi muda untuk menyalurkan hobinya, khususnya di dragbike maupun grasstrack, sehingga bisa menekan aksi balap liar di jalanan yang sudah meresahkan,” pungkasnya.

Dua kejuaraan bergengsi ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun TNI ke-79 dan Hari Jadi Kota Tasikmalaya yang ke-23. 

Berbagai kalangan, mulai dari jajaran TNI-Polri, pejabat daerah, hingga masyarakat umum, hadir untuk menyaksikan aksi para pembalap. Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 7/Daerah I Lanud Wiriadinata Ny. Erti Taufik Agus Hidayat dan Kabid Organisasi Pemprov IMI Jabar Bapak Dedi juga turut hadir dan memberikan dukungannya.

Acara ini berhasil menarik perhatian ribuan penonton yang memadati kawasan Lanud Wiriadinata. Kejurda Grasstrack IMI Jabar Putaran 3 dan Kejurda Dragbike IMI Jabar Putaran 4 menjadi bukti nyata bahwa Tasikmalaya masih memiliki daya tarik besar di dunia otomotif, baik di tingkat regional maupun nasional.

Dengan terselenggaranya dua kejuaraan ini, diharapkan dapat mendorong lebih banyak anak muda untuk terjun ke dunia balap resmi yang aman dan terorganisir. Balap liar yang sering terjadi di jalanan bisa diminimalisir melalui penyediaan arena kompetisi yang legal dan aman.

Lanud Wiriadinata dan IMI Kota Tasikmalaya berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan bakat para pembalap lokal melalui penyelenggaraan event-event otomotif bergengsi. Kegiatan seperti ini diharapkan akan terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan yang dinanti-nantikan oleh pecinta otomotif di Jawa Barat dan seluruh Indonesia. (*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.