https://jabar.times.co.id/
Berita

Polres Majalengka Gelar Simulasi Sispamkota Jaga Kondusivitas Pilkada 2024

Kamis, 01 Agustus 2024 - 18:50
Polres Majalengka Gelar Simulasi Sispamkota Jaga Kondusivitas Pilkada 2024 Polres Majalengka gelar simulasi Sispamkota. (FOTO: Humas Polres Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – Menjelang Pilkada 2024, Polres Majalengka, Polda Jawa Barat, menggelar latihan penanganan Simulasi Sistem Pengamanan Kota atau Sispamkota di halaman mapolres setempat, Kamis (1/8/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan petugas mengamankan Pilkada serentak 2024. Simulasi ini sebagai bukti komitmen negara dalam menjamin keamanan, khususnya di Kabupaten Majalengka.

Dalam latihan tersebut, melibatkan berbagai unit di Polres Majalengka, termasuk Sabhara, Intelkam, Reskrim dan Lantas. Simulasinya, diskenariokan ada kerusuhan atau gangguan keamanan hingga situasi darurat lainnya.

"Latihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan taktis dan strategi serta memperkuat koordinasi antara unit-unit terkait," ujar Wakapolres Majalengka Kompol Asep Agustini kepada TIMES Indonesia.

Kompol Asep menjelaskan, bahwa latihan tersebut, melibatkan gabungan fungsi Polres Majalengka serta Polsek jajaran dalam persiapan penanganan kontinjensi Pilkada serentak 2024.

Kompol Asep menekankan, pentingnya kesiapan dan koordinasi seluruh jajaran kepolisian dalam mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban pada pelaksanaan Pilkada 2024 di wilayah Kabupaten Majalengka. 

Selain itu, kata dia, latihan tersebut juga tidak hanya bertujuan untuk menguji kemampuan teknis, tetapi juga untuk memperkuat sinergi antar unit di Polres Majalengka.

"Kami berharap seluruh personel dapat mengikuti latihan ini dengan serius dan sungguh-sungguh, sehingga mampu beraksi cepat dan tepat dalam situasi darurat pada pesta demokrasi nanti," harapnya.

Sementara itu, Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto menambahkan, bahwa melalui kegiatan tersebut, pihaknya berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan memastikan bahwa Pilkada serentak 2024 berjalan lancar.

"Dengan digelarnya simulasi Sispamkota ini, Polres Majalengka menunjukkan keseriusannya dalam mempersiapkan diri menghadapi Pilkada 2024 dan memastikan keamanan serta ketertiban di wilayah Bumi Sindangkasih selama proses pemilihan berlangsung," jelasnya. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.