https://jabar.times.co.id/
Berita

Basarnas Natuna Evakuasi Penumpang Kapal yang Kandas di Perairan Anambas

Senin, 16 September 2024 - 09:46
Basarnas Evakuasi Penumpang Kapal yang Kandas di Perairan Anambas Basarnas Natuna saat mengevakuasi korban pada Minggu (15/9/2024) malam. (FOTO: ANTARA/HO-KPP Natuna)

TIMES JABAR, NATUNA – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Natuna mengevakuasi para penumpang kapal motor (KM) Inkamina Maritim 166 yang mengalami kandas di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

Kepala Sub Seksi Operasi KPP Natuna, Budiman, menyampaikan bahwa insiden tersebut terjadi pada Minggu (15/9) sekitar pukul 19.40 WIB.

Dia mengatakan, para penumpang merupakan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2 Siantan yang sedang dalam perjalanan pulang ke Tarempa usai bertanding sepak bola di Desa Air Langat

"Jumlah penumpang diperkirakan mencapai 105 orang," ujar Budiman saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Senin (16/9/2024).

Proses evakuasi dimulai pada pukul 20.25 WIB setelah persiapan matang bersama para pemangku kepentingan.

Tim SAR gabungan mulai melakukan persiapan pada pukul 20.05 WIB, dan sekitar pukul 20.10 kami menuju lokasi kejadian," tambahnya.

Basarnas Natuna mengerahkan sejumlah unsur dari Pos SAR Anambas, dibantu oleh Lanal Tarempa, Polres Anambas, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, serta HNSI Anambas. Seluruh penumpang berhasil dievakuasi tanpa adanya korban jiwa.

"Evakuasi dilakukan di dua titik, yaitu 36 orang di Pelabuhan Antang dan 69 orang di Pelabuhan Pemda Tarempa," jelas Budiman.

Proses evakuasi menggunakan berbagai kapal, seperti RIB 02 Pos SAR Anambas, RIB BPBD, RIB Puskesmas Keliling (Puskel) Anambas, serta KM Nelayan Abadi.

Kondisi cuaca saat evakuasi relatif aman dengan angin berkisar antara 2 hingga 20 knot dan gelombang setinggi 0,5 hingga 1,25 meter.

"Pada pukul 22.20 WIB, tim SAR gabungan melakukan evaluasi dan sepakat untuk menutup operasi mengingat seluruh korban telah berhasil dievakuasi dengan selamat," tutur Budiman. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.