https://jabar.times.co.id/
Berita

Kadinkes Majalengka: Kesehatan Salah Satu Modal Utama Capai Target Indonesia Emas 2045

Kamis, 27 Juni 2024 - 15:25
Kadinkes Majalengka: Kesehatan Salah Satu Modal Utama Capai Target Indonesia Emas 2045 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, H Agus Susanto memberikan motivasi kepada para pasien katarak. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, H Agus Susanto mengatakan, kesehatan termasuk adalah salah satu modal utama untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Oleh karena itu, ia pun berharap semua komponen termasuk para perusahaan yang ada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, ikut berkontribusi dengan bakti sosial di bidang kesehatan.

Hal itu disampaikan Agus Susanto saat menghadiri kegiatan penyaluran program CSR Operasi Katarak yang diselenggarakan oleh PT Gistex Garmen Indonesia di Puskesmas Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Kamis (27/6/2024).

Menurut dia, masalah kesehatan tidak akan pernah selesai, jika hanya diselesaikan oleh di bidang kesehatan saja. Akan tetapi, masalah kesehatan bisa diselesaikan jika semua komponen ikut berpartisipasi dalam menyehatkan bangsa ini. 

"Apalagi, kedepan kita punya tujuan untuk generasi emas 2045. Jadi harus kita cetak mulai dari sekarang. Sehingga kami harapkan semua program kesehatan bisa di intervensi oleh semua komponen, termasuk para perusahaan," harap Agus Susanto.

Disinggung soal kasus katarak di Bumi Sindangkasih, Agus menjelaskan hingga sampai saat ini berdasarkan data yang tercatat di Dinas Kesehatan Majalengka, mencapai 2.478 kasus. Sedangkan, yang sudah ditangani baru mencapai sekitar kurang lebih 18 persen.

"Oleh karena itu, kasus katarak di Kabupaten Majalengka ini lumayan masih cukup banyak. Oleh karena itu, Insyaallah nanti kita juga punya program di Hari Kesehatan Nasional (HKN) akan melaksanakan bakti sosial," ucapnya.

Lebih jauh Agus mengapresiasi PT Gistex Garmen Indonesia atas berkolaborasi dengan Pemkab Majalengka, dalam hal ini Dinas Kesehatan Majalengka pada pelaksanaan operasi katarak di Bumi Sindangkasih ini.

"Tak ternilai apalagi pada pasien yang kita bantu. Kita mungkin sudah lupa, tapi pasien pasti dia ingat itu. Program CSR sangat baik sekali, terima kasih PT Gistex Garmen Indonesia," ucap Agus Susanto.

Agus juga menegaskan, bahwa kegiatan operasi katarak secara gratis yang diselenggarakan oleh PT Gistex Garmen Indonesia ini adalah untuk mewujudkan mata sehat, hidup produktif dan berkualitas bagi masyarakat kurang mampu.

Sementara Owner PT Gistex Garmen Indonesia, Henry Wargana melalui Direktur PT Gistex Garmen Indonesia, Johnny Schepper mengatakan, bantuan CSR operasi katarak gratis ini diselenggarakan bekerjasama dengan Bandung Eye Center Hospital dan Perdami Bandung.

"Ada 60 orang yang menjalani operasi katarak. Mereka sebagian besar berasal dari wilayah Kecamatan Dawuan dan Kasokandel serta beberapa kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Majalengka," kata Johnny Schepper kepada TIMES Indonesia.

Johnny menjelaskan, bahwa kegiatan operasi katarak ini, juga sekaligus bertepatan Hari Jadi Majalengka ke-534. Ia pun berharap, para penderita katarak di kota berjuluk Angin ini bisa kembali melihat lingkungan di sekitarnya dan kembali hidup bahagia bersama keluarga tercinta.

"Kami dari PT Gistex Garmen Indonesia melalui dana tanggungjawab sosial perusahaan terus berupaya berkontribusi terhadap pembangunan Kabupaten Majalengka dari berbagai sektor. Tak hanya di bidang kesehatan, namun bidang pendidikan, sosial dan lainnya," imbuhnya. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.