https://jabar.times.co.id/
Ekonomi

Groundbreaking Delonix Nusantara di IKN, Presiden RI Jokowi: Bukti Kepercayaan Investor Asing Terhadap Indonesia

Rabu, 02 Oktober 2024 - 20:12
Groundbreaking Delonix Nusantara di IKN, Presiden RI Jokowi: Bukti Kepercayaan Investor Asing Terhadap Indonesia Presiden RI Jokowi saat melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Delonix Nusantara, di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (25/09/2024). (FOTO: BPMI Setpres/ Kris)

TIMES JABAR, JAKARTAPresiden RI Jokowi melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Delonix Nusantara, proyek mixed-use yang diinisiasi oleh Delonix Group dari Cina di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Acara yang berlangsung pada Rabu (25/09/2024) ini menjadi salah satu tonggak penting dalam upaya menarik minat investor asing untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya di IKN.

Presiden RI Jokowi menekankan bahwa kehadiran investasi Delonix Group menegaskan tingginya kepercayaan investor internasional terhadap prospek ekonomi IKN. “Tadi pagi telah kita lakukan peletakan batu pertama investasi untuk pendidikan dari Australia, kemudian yang kedua juga baru saja kita lakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan properti dari Rusia investornya, dan kemudian pada kesempatan yang baik ini akan dilakukan groundbreaking investasi juga untuk properti mixed use dari Delonix Nusantara untuk investor yang berasal dari Cina," ujar Presiden.

Pusat Properti Mixed-Use di Ibu Kota Nusantara

Investasi Delonix Group, dengan nilai mencapai Rp500 miliar ini, akan dikembangkan dengan membangun berbagai fasilitas di dalamnya. Kawasan ini diharapkan dapat menjadi model pengembangan properti modern di IKN yang mengintegrasikan berbagai kebutuhan masyarakat perkotaan dalam satu area.

Mixed use ini akan dibangun di atas lahan seluas 24 ribu meter persegi yang akan dikembangkan menjadi model J hotel, service apartment, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan juga pusat olahraga dan kebugaran di kawasan Ibu Kota Nusantara ini,” tambah Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi meyakini bahwa investasi Delonix Group dapat membuka jalan bagi investor lainnya untuk menanamkan modal mereka di IKN. Presiden yakin, semakin banyak investor yang masuk, maka pembangunan di IKN akan semakin cepat dan pesat. Hal ini menandakan bahwa Indonesia, khususnya IKN, semakin dianggap sebagai lokasi strategis untuk berbagai investasi berskala global.

Peluang Investasi di IKN Makin Menjanjikan

Presiden RI Jokowi juga mengingatkan para investor bahwa harga lahan di IKN saat ini masih terjangkau, tetapi diperkirakan akan meningkat pesat di masa depan seiring percepatan pembangunan. Ia mengajak para investor untuk memanfaatkan momen ini sebelum harga tanah melonjak.

“Hati-hati harga tanah memang sekarang masih murah, harga tanahnya masih murah pada tahun ini, tetapi tahun depan kita tidak tahu. Harga tanah bisa lipat dua kali, bisa lipat tiga kali, bisa lipat lima kali, bisa lipat sepuluh kali. Jadi perlu saya ingatkan kalau ingin berinvestasi tahun ini,” ujar Presiden Jokowi dengan nada optimistis.

Kehadiran Delonix Group dan proyek-proyek investasi lainnya diyakini akan menciptakan ekosistem bisnis yang lebih kuat di IKN, mempercepat pembangunan, dan membawa dampak positif bagi perekonomian lokal maupun nasional.

Harapan Besar Bagi Kemajuan Ibu Kota Nusantara

Presiden RI Jokowi menambahkan bahwa Delonix Nusantara akan berkembang seiring dengan pertumbuhan IKN sebagai ibu kota baru Indonesia. Proyek ini diharapkan mampu menarik minat banyak investor lain dari berbagai negara. “Delonix Nusantara akan berkembang pesat di IKN dan menjadi bagian dari kemajuan IKN sebagai ibu kota masa depan Indonesia,” ungkapnya.

Acara groundbreaking ini dihadiri oleh beberapa pejabat penting, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi Rosan Roeslani, serta sejumlah perwakilan dari Delonix Group, seperti Founder dan Chairman Delonix Group, Alex Zheng, dan President Delonix Group Indonesia, Bill Lin. Kehadiran mereka menjadi bukti kuat bahwa proyek ini mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri. (*)

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.