https://jabar.times.co.id/
Berita

Gempa Kabupaten Bandung, GP Ansor Cianjur Galang Donasi

Jumat, 20 September 2024 - 13:17
Gempa Kabupaten Bandung, GP Ansor Cianjur Galang Donasi Bangunan rumah terdampak gempa bumi di Kertasari, Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2024). (FOTO: Warga for TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, CIANJUR – Dalam situasi darurat seperti gempa bumi yang baru-baru ini melanda Kabupaten Bandung, pada Rabu (18/9/2024), GP Ansor Cianjur melalui kepemimpinan Ariful Holiq Zaelani, dengan cepat bergerak untuk membantu para korban. 

Salah satu bentuk kepedulian nyata yang dilakukan adalah penggalangan dana dan bantuan untuk para korban yang sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. 

Aang Arif, sapaan akrab Ariful Holiq Zaelani, Jumat  (20/9/1014),  menyampaikan bahwa kebutuhan mendesak para korban harus segera dipenuhi untuk meringankan beban mereka, terutama dalam menghadapi hari-hari sulit setelah bencana terjadi.

Pimpinan Pondok Pesantren Almusri Banu Mansur Bojongpicung ini menyebut empat hal pokok yang sangat diperlukan saat ini yaitu:

1. Kebutuhan dasar, seperti makanan siap saji dan air mineral. Dalam situasi bencana, akses terhadap makanan seringkali terbatas, sehingga bantuan dalam bentuk makanan siap konsumsi menjadi sangat krusial. 

Selain itu, makanan khusus untuk bayi, seperti biskuit bayi dan makanan pendamping ASI, juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan gizi bayi di tengah keterbatasan. 

Air bersih juga menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk memenuhi kebutuhan minum dan sanitasi para pengungsi.

2. Peralatan rumah tangga seperti handuk, sabun mandi, sikat gigi, hingga peralatan pertolongan pertama juga menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. 

Para korban gempa seringkali kehilangan akses terhadap barang-barang pribadi mereka, sehingga bantuan berupa barang-barang tersebut akan sangat membantu mereka dalam menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi. 

Di samping itu, perlengkapan tidur seperti selimut, kasur, dan popok bayi serta dewasa juga sangat diperlukan untuk memberikan kenyamanan, terutama bagi bayi dan lansia yang lebih rentan terhadap kondisi dingin dan ketidaknyamanan.

3. Kebutuhan akan peralatan lain seperti karung, terpal, cangkul, sekop, tenda keluarga, dan alat pembersih juga tidak kalah penting. Peralatan ini berguna dalam proses evakuasi, pembersihan reruntuhan, serta penyediaan tempat tinggal sementara bagi para korban. 

Terpal dan tenda keluarga, misalnya, dapat digunakan untuk membangun tempat berlindung sementara bagi mereka yang kehilangan rumah. Alat-alat kebersihan juga penting untuk memastikan bahwa area pengungsian tetap bersih dan terbebas dari penyakit.

4. Obat-obatan dan vitamin harus menjadi perhatian utama. Dalam situasi pasca-bencana, risiko penyakit sering meningkat akibat sanitasi yang buruk dan kondisi lingkungan yang tidak bersih. 

Oleh karena itu, bantuan berupa obat-obatan dasar, seperti obat anti-diare, obat demam, serta vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh, sangat penting untuk menjaga kesehatan para korban.

Menurutnya, bahwa bantuan ini diharapkan bisa menjadi solusi sementara bagi para korban gempa bumi di Kabupaten Bandung. pihaknya terus menggalang bantuan dari masyarakat luas.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memberikan dukungan terbaik bagi para korban. Dengan bantuan dan solidaritas dari berbagai pihak, diharapkan para korban bisa segera bangkit dari musibah ini," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi untuk donasi paling lambat diterima hingga hari Senin, 23 September 2024 dan bisa langsung menghubungi nomor WA 085795980123. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.