https://jabar.times.co.id/
Berita

Tol Cisumdawu Resmi Dibuka, Pemudik Bisa Langsung Tembus Tol Cipali

Sabtu, 15 April 2023 - 20:14
Tol Cisumdawu Resmi Dibuka, Pemudik Bisa Langsung Tembus Tol Cipali Akses Tol Cisumdawu. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKATol Cisumdawu atau Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan resmi dibuka hingga tembus Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), pada 15 April 2023.

Tol yang membentang mulai Cileunyi, Kabupaten Bandung, sampai Kertajati, Kabupaten Majalengka ini, dijadikan salah satu jalur untuk arus mudik Lebaran 2023.

Hal itu disampaikan Presiden Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Jusuf Hamka saat ditemui di KM 151 Tol Cipali, Sabtu (15/4/2023).

Menurutnya, untuk melayani pemudik yang melewati Tol Cisumdawu, pihak pengelola masih melakukan pembatasan. Yakni, hanya dibuka dari pukul 06.00-15.00 WIB sore.

"Kenapa demikian, karena memang dibukanya hanya satu arah, fungsional begitu, yaitu dari jalur A," ucapnya.

Penerapan tersebut juga, kata dia, akan diberlakukan hal yang sama pada arus balik mudik lebaran atau di jalur B. Jusuf menyebut, pemberlakuan sistem fungsional itu juga akan diterapkan secara gratis.

"Program tersebut akan dilaksanakan hingga setelah lebaran atau akhir Mei 2023 nanti. Mudik sekarang kita masih bersuka cita, karena bisa dinikmati gratis," ucapnya.

Selain itu, menurut dia, jalan tol tersebut, merupakan tol terindah dan terpanjang di dalam Jawa Barat ini, per session 62 kilometer, pengguna juga bisa menikmati pemandangan Gunung Ciremai dan Gunung Tampomas.

Untuk diketahui, bahwa Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Biaya konstruksinya Rp 5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Seperti diketahui, bahwa arus tol Cisumdawu tersebut telah dibuka langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Gerbang Tol Ujungjaya. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.