https://jabar.times.co.id/
Berita

Bey Machmudin Apresiasi Bantuan 726.000 Buku dari Perpusnas untuk 726 Desa di Jabar

Selasa, 25 Juni 2024 - 17:48
Bey Machmudin Apresiasi Bantuan 726.000 Buku dari Perpusnas untuk 726 Desa di Jabar Caption 1 : Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri acara rangkaian kegiatan Gerakan Indonesia Membaca Provinsi Jawa Barat di El Royale Hotel, Kota Bandung, Selasa (25/6/2024). (Foto: Biro Adpim Jabar)

TIMES JABAR, BANDUNG – Tingkat literasi masyarakat di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka melek huruf di Jawa Barat mencapai 97,2% pada tahun 2023, naik dari 96,8% pada tahun sebelumnya.

Peningkatan ini merupakan hasil dari berbagai upaya pemerintah daerah dan komunitas lokal dalam mempromosikan pentingnya pendidikan dan membaca.

Berbagai program literasi telah diluncurkan untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat Jawa Barat. Dan dengan didapatnya bantuan sejumlah 726.000 buku dari Perpusnas mendukung untuk peningkatan literasi di Jawa Barat. Dari total sumbangan tersebut tiap desa mendapat bantuan 1.000 judul buku. 

"Atas nama masyarakat Jawa Barat, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Perpustakaan Nasional atas program bantuan 1.000 judul buku kepada 726 desa di Jabar. Ini adalah bentuk nyata dukungan pemerintah pusat dalam membangun literasi dan tingkat kecerdasan masyarakat Jawa Barat," ungkap Bey Machmudin dalam sambutan. 

"Kami berharap kegiatan ini menghasilkan hal-hal baik yang dapat ditindaklanjuti supaya anak-anak kita gemar membaca," imbuhnya. 

Bey juga menyebut soal darurat literasi yang terasa dampaknya di Jabar dan sejumlah metode yang memungkinkan diterapkan di sekolah atau perguruan tinggi. 

Ia mengungkapkan, inspirasi tersebut diperolehnya saat rapat bersama dengan anggota Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung (ITB). 

"Saya menyampaikan dalam rapat itu bahwa di perguruan tinggi yang maju, mahasiswa sudah jarang mendengarkan dosen mengajar, melainkan diberi buku dan lebih banyak diskusi. Nilainya itu makin mereka menguasai buku  akan semakin baik," ujarnya. 

"Apakah metode itu memungkinkan diterapkan agar mahasiswa juga dibiasakan membaca, mungkin satu minggu satu buku," tambahnya. 

Bey berharap dengan bantuan 726.000 buku dari Perpusnas untuk 726 desa ini akan semakin tumbuh kegemaran membaca di Jabar. (*)

Pewarta : Djarot Mediandoko
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.