https://jabar.times.co.id/
Berita

Tingkatkan IPM, SMPN 1 Warungkondang Cianjur Gelar Diseminasi Pelatihan Keterampilan Belajar

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 10:03
Tingkatkan IPM, SMPN 1 Warungkondang Cianjur Gelar Diseminasi Pelatihan Keterampilan Belajar SMPN 1 Warungkondang Cianjur menggelar diseminasi pelatihan keterampilan belajar (FOTO: Fauzi for Times Indonesia)

TIMES JABAR, CIANJUR – Guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bidang pendidikan, SMPN 1 Warungkondang menggelar diseminasi pelatihan keterampilan belajar yang bertempat di Aula Sekolah SMP Negeri 1 Warungkondang, Jalan Raya Warungkondang, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga sekolah, termasuk dewan guru dan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) yang diadakan atas dasar tindaklanjut dari BBGP Provinsi Jawa Barat, yang telah melaksanakan pelatihan keterampilan belajar satuan pendidikan untuk Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) mandiri.

"Partisipasi penuh dari seluruh elemen sekolah ini menjadikan kegiatan berjalan lancar dengan dedikasi yang tinggi, sehingga tujuan diseminasi dapat tercapai secara optimal," kata Kepala Sekolah SMPN 1 Warungkondang, Muhammad Soleh kepada TIMES Indonesia, Sabtu (26/10/2024).

Dirinya menyampaikan bahwa kegiatan diseminasi ini menyajikan materi yang sangat relevan dan menarik. Ia berharap materi yang disampaikan dapat menjadi acuan penting dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan di sekolah.

"Di antaranya mengenal sekolah yang dicita-citakan, data dan siklus perbaikan layanan satuan pendidikan, pemetaan kebutuhan belajar, identifikasi sumber belajar serta analisis asumsi dan refleksi hasil belajar," bebernya.

Menurutnya materi-materi ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam serta mendorong peningkatan kualitas pendidikan di sekolah, melalui pendekatan yang sistematis dan berfokus pada kebutuhan pembelajaran.

"Harapannya semua warga sekolah dapat memahami visi sekolah yang dicita-citakan, memahami siklus peningkatan layanan satuan pendidikan, dan terlaksananya praktek analisis kebutuhan belajar," papar MS sapaan akrabnya.

Selain dari hal itu, pihaknya juga berupaya untuk terlaksannya praktek identifikasi sumber belajar, terlaksannya praktek analisis asumsi setelah proses belajar, dan terlaksananya praktek refleksi hasil belajar.

"Mohon doanya agar seluruh siswa, guru, dan staf sekolah diberikan kekuatan dan semangat. Semoga berbagai program dan kegiatan di sekolah ini berjalan dengan lancar, membawa manfaat, dan menginspirasi untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi," tukasnya.(*) 

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.