https://jabar.times.co.id/
Berita

Karna-Koko Siap Tingkatkan Daya Saing Majalengka di Era Industri 5.0

Jumat, 18 Oktober 2024 - 17:32
Karna-Koko Siap Tingkatkan Daya Saing Majalengka di Era Industri 5.0 Calon Bupati Majalengka, H Karna Sobahi bersama warga masyarakat. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – Calon Bupati dan Wakil Bupati Majalengka nomor 2, Karna Sobahi-Koko Suyoko, bertekad untuk mendorong pengusaha lokal agar naik kelas, menciptakan buruh yang sejahtera, serta membuka lapangan kerja yang lebih luas.

Visi tersebut menjadi bagian integral dari rencana mereka dalam menghadapi tantangan transformasi industri 5.0 yang semakin berkembang.

Karna Sobahi menyatakan, bahwa penting bagi Majalengka untuk beradaptasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi guna meningkatkan daya saing di era industri 5.0. 

"Kami berkomitmen untuk menjadikan pengusaha lokal sebagai pilar utama dalam pembangunan ekonomi. Dengan inovasi dan teknologi, mereka tidak hanya dapat bertahan, tetapi juga tumbuh dan bersaing di tingkat yang lebih tinggi," katanya, Jumat (18/10/2024).

Salah satu langkah konkret yang direncanakan oleh Karna dan Koko adalah penguatan infrastruktur digital, pelatihan keterampilan, inovasi, dan keberlanjutan.

Menurutnya, transformasi menuju industri 5.0 melibatkan langkah-langkah yang dapat diambil oleh pemerintah, pengusaha, dan masyarakat. Langkah pertama adalah penguatan infrastruktur digital.

Termasuk pembangunan jaringan 5G dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung konektivitas yang cepat dan andal. Investasi dalam pusat data yang efisien juga menjadi prioritas untuk penyimpanan dan pengolahan data besar (big data).

Karna menegaskan, pelatihan dan pendidikan keterampilan akan menjadi fokus utama, dengan menyediakan program pelatihan di bidang teknologi informasi, data analitik, dan kecerdasan buatan (AI). 

Ia berencana membangun kemitraan antara pengusaha dan institusi pendidikan untuk menciptakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri.

"Inovasi dan riset juga akan mendapatkan dukungan, dengan mendorong pengusaha untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan (R&D)," tambah Karna Sobahi.

Sementara itu, Koko Suyoko juga menyadari pentingnya kolaborasi internasional. Oleh karena itu, ia akan mendorong pertukaran pengetahuan dan teknologi dengan negara lain, serta berpartisipasi dalam forum global untuk meningkatkan jaringan dan menarik investasi diantaranya dari Jepang. 

Koko berharap program inkubator dan akselerator dapat membantu startup dan perusahaan kecil dalam mengembangkan ide-ide inovatif. Untuk memastikan keterlibatan masyarakat dan stakeholder.

Dia akan mengadakan forum diskusi dan workshop yang melibatkan pengusaha, pemerintah, dan masyarakat untuk mendiskusikan tantangan dan peluang dalam transformasi industri. 

Dari sisi kebijakan, ia akan mengembangkan regulasi yang pro-inovasi dan memberikan insentif pajak kepada perusahaan yang berinvestasi dalam teknologi inovatif dan ramah lingkungan.

Fokus pada keberlanjutan akan menjadi prioritas, mendorong praktik bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan serta penggunaan energi terbarukan.

"Kami siap membawa Kabupaten Majalengka menuju masa depan yang lebih sejahtera dan berdaya saing di era industri 5.0," ucap Koko Suyoko Cawabup Majalengka nomor 2 yang mendampingi Cabup Karna Sobahi. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.