https://jabar.times.co.id/
Ekonomi

Sinergi Grup MIND ID dalam Hilirisasi Bauksit di Indonesia

Kamis, 26 September 2024 - 14:12
Sinergi Grup MIND ID dalam Hilirisasi Bauksit di Indonesia Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat, sinergi antara PT Indonesia Asahan Aluminium dan PT Aneka Tambang dalam naungan BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID. (foto: MIND ID)

TIMES JABAR, JAKARTA – Pengoperasian tahap pertama Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat, menandai terwujudnya ekosistem hilirisasi bauksit yang terintegrasi.

Ini merupakan bukti sinergi antara PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dalam naungan BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID.

Kolaborasi antara kedua perusahaan ini diwujudkan melalui konsorsium di bawah PT Borneo Alumina Indonesia yang bertugas sebagai operator SGAR Mempawah. Dengan adanya kerja sama ini, bauksit mentah dari Antam dapat diproses menjadi alumina, yang kemudian dikirim ke smelter INALUM di Kuala Tanjung, Sumatera Utara, untuk memproduksi aluminium.

Maman Abdurahman, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, menyatakan bahwa proyek ini adalah bukti nyata sinergi antara Inalum dan Antam di bawah bendera MIND ID. Menurutnya, proyek hilirisasi ini tidak hanya menjadi model bagi BUMN Holding, tetapi juga akan memberikan dampak ekonomi signifikan baik di level daerah maupun nasional.

“Proses injeksi bauksit pada SGAR Fase 1 adalah wujud dari sinergi antara Antam dan Inalum dalam rangka integrasi rantai bisnis bauksit di Indonesia,” ungkap Maman. Dia menambahkan bahwa kehadiran proyek ini akan menggerakkan ekonomi Kalimantan Barat melalui efek pengganda dari kegiatan pertambangan dan pemurnian yang semakin dinamis.

Selain itu, keberadaan smelter ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan smelter lainnya, sehingga para penambang lokal dapat mendistribusikan hasil tambang mereka dengan lebih efisien, mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih luas.

Pertambangan-2.jpg

Hendi Prio Santoso, Direktur Utama MIND ID, menekankan bahwa sinergi dan kolaborasi adalah faktor kunci dalam pengembangan industri mineral dan batubara Indonesia. Sebagai strategic active holding, MIND ID berperan sebagai pendorong untuk mengoptimalkan kapabilitas dan portofolio anggota grupnya.

“SGAR Fase 1 adalah hasil dari kolaborasi di Grup MIND ID, yang membuktikan bahwa sinergi ini memberikan nilai tambah yang signifikan bagi Indonesia,” ujar Hendi. Ia juga menyebutkan bahwa hilirisasi bauksit melalui SGAR Mempawah dapat meningkatkan nilai komoditas hingga 120 kali lipat, dari harga bauksit mentah sebesar $20 per metrik ton menjadi $2.400 per metrik ton dalam bentuk aluminium.

Direktur Utama INALUM, Ilhamsyah Mahendra, menjelaskan bahwa produksi alumina tahap pertama dari SGAR Fase 1 dijadwalkan mulai pada kuartal keempat 2024, dengan operasi penuh ditargetkan pada akhir kuartal pertama 2025. Menurutnya, proyek ini akan memperkuat posisi Indonesia di pasar global.

Ilhamsyah juga menekankan bahwa operasional SGAR membuka peluang bagi INALUM untuk meningkatkan pasokan alumina, baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor. “Kami juga menjajaki kerjasama dengan mitra global untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memenuhi permintaan alumina,” tambahnya.

Direktur Utama ANTM, Nico Kanter, menekankan bahwa bauksit adalah salah satu komoditas yang menunjukkan pertumbuhan signifikan. Dengan SGAR, Antam berperan sebagai pemasok utama bijih bauksit untuk mendukung hilirisasi mineral dan menjaga kelangsungan rantai pasok aluminium dari hulu ke hilir.

Sementara itu, Leonard M. Manurung, Direktur Utama PT Borneo Alumina Indonesia, memastikan bahwa pembangunan SGAR Fase 1 akan diselesaikan sesuai jadwal. Proses commissioning akan dilakukan secara bertahap, dengan produksi penuh alumina diproyeksikan dimulai pada kuartal pertama 2025.

“Proses injeksi bijih bauksit perdana merupakan salah satu langkah awal commissioning SGAR Fase 1, di mana kami sudah siap mengolah bauksit menjadi alumina melalui berbagai tahapan produksi,” kata Leonard. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.