https://jabar.times.co.id/
Berita

Duta Wisata Simeulue 2023: Kenalkan Pariwisata dengan Konten Kreatif

Minggu, 27 Oktober 2024 - 15:59
Duta Wisata Simeulue 2023: Kenalkan Pariwisata dengan Konten Kreatif Duta Wisata Simeleu 2023, Kasmiati (FOTO: Kasmi for Times Indonesia)

TIMES JABAR, SIMEULEU – Berbicara tentang pariwisata dan peran pemuda, terutama di Simeulue, adalah topik yang sangat penting untuk dibahas. Sebagai Duta Wisata Simeulue 2023, Kasmiati (23), yang merupakan mahasiswi semester tujuh di Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, memiliki pandangan yang menarik mengenai potensi pariwisata lokal. 

Menurutnya, pariwisata tidak hanya penting untuk mengenalkan keindahan alam dan budaya lokal, tetapi juga berperan signifikan dalam mendukung perekonomian daerah.

Dengan mengoptimalkan potensi pariwisata, daerah akan mampu mempercepat perkembangan ekonominya melalui peningkatan kunjungan wisatawan yang berdampak langsung pada peningkatan pendapatan dari produk-produk lokal. 

"Hal ini memberikan peluang bagi masyarakat Simeulue untuk mengembangkan produk khas daerah mereka, seperti kerajinan tangan, kuliner lokal, dan layanan jasa, sehingga produk-produk ini dapat dipromosikan dan dijual kepada wisatawan, yang pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata Kasmi kepada TIMES Indonesia, Minggu (27/10/2024).

Pemilik akun media sosial Instagram @ _ynshanko dan Tiktok @ynshnkoo juga menekankan pentingnya peran pemuda sebagai agen pariwisata di daerah mereka. Pemuda memiliki potensi untuk membuka usaha seperti pengelolaan homestay atau akomodasi bagi wisatawan, menyediakan layanan transportasi, hingga menjadi pemandu wisata. 

"Dengan adanya usaha-usaha tersebut, pemuda dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru di desa wisata dan menghasilkan pendapatan ekonomi yang berarti bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Selain itu kata Kasmiati, pemuda juga memiliki kemampuan untuk menginspirasi dan mempromosikan Desa Wisata mereka secara kreatif. Mereka dapat menciptakan konten menarik seperti foto, video, atau tulisan yang menceritakan keindahan alam, budaya lokal, serta potensi wisata di desa mereka. 

"Konten tersebut dapat dibagikan secara luas melalui media sosial dan platform online lainnya, sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke Simeulue," ujar perempuan cantik yang memiliki hobi membaca dan olahraga.

Dirinya menyebut kesadaran tentang pentingnya pariwisata juga harus ditingkatkan di kalangan masyarakat Simeulue, terutama generasi muda. Mereka perlu memahami bahwa pariwisata adalah peluang besar untuk membangun ekonomi lokal dan memperkenalkan budaya Simeulue ke dunia. 

"Sebagai contoh, salah satu daya tarik pariwisata Simeulue yang sudah diakui dunia adalah spot surfing yang dikenal dengan ombak dan pantainya yang indah. Dengan adanya potensi ini, masyarakat Simeulue dapat meraih perhatian internasional dan menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang ingin merasakan pengalaman surfing di tempat yang eksotis," imbuhnya.

Harapan Kasmiati untuk masa depan pariwisata di Simeulue adalah agar setiap sektor pariwisata dan budaya lebih peka terhadap kebutuhan wisatawan, baik dari segi infrastruktur maupun pelayanan. 

"Dengan begitu, sektor ini bisa menjadi dukungan utama bagi pemuda Simeulue untuk terus berkontribusi dalam promosi wisata dan mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional," timpal anak pertama dari empat bersaudara tersebut.

Kepada seluruh generasi muda, khususnya di Simeulue, ia mengajak untuk bersama-sama berani menginspirasi, menjaga, dan membanggakan budaya serta bahasa sebagai identitas diri. 

"Dengan semangat, pemuda Simeulue dapat menjadi garda terdepan yang memiliki tanggung jawab penuh untuk memajukan pariwisata daerah dan membawa Simeulue dikenal lebih luas lagi," tandasnya. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.